Menu

Mode Gelap
Bebaritan, Sedekah Bumi Tradisi Sambut Tahun Baru Hijriyah dan Bulan Suro Di Desa Cibening Setu Jika Istri Tidak Sholat, Apakah Suami Ikut Menanggung Dosa? Presiden Jokowi: Pentingnya Bangun SDM Unggul, Tingkatkan Daya Saing Global Apa itu Teknologi AI? Definisi dan Jenisnya Kadis LH Kabupaten Bekasi Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani

POLITICAL · 30 Okt 2023 11:59 WIB ·

Caleg PKS Teti Lestari Ingin Mendirikan Pusat Oleh-oleh Khas Kabupaten Bekasi


Teti Lestari Kunjungi Sentra Dodol Bapak Marno di Kampung Ceger, Kabupaten Bekasi. (Dok: Istimewa) Perbesar

Teti Lestari Kunjungi Sentra Dodol Bapak Marno di Kampung Ceger, Kabupaten Bekasi. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Kampung Ceger di Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi dikenal sejak dulu sebagai Kampung Dodol Betawi. Ada sekitar 40 lebih pelaku usaha atau pengrajin Dodol Betawi yang mengelola usaha warisan turun temurun itu.

“Saya membuat Dodol Betawi sejak tahun 90-an dari warisan kakek, kemudian ke orang tua ibu saya dan sampai saat ini saya pertahankan,” kata Marno, pengelola Sentra Dodol di Kampung Ceger Desa Sukajaya saat disambangi Teti Lestari, calon anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Minggu (29/10/2023) siang.

Marno mengaku senang disambangi Teti Lestari yang mewakili Daerah Pemilihan 2 Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Cikarang Barat. Terlebih, Teti Lestari masih memiliki hubungan kerabat dengan keluarga besarnya di Desa Sukajaya.

“Semoga sukses apa yang dicita-citakan bu Teti Lestari untuk membawa aspirasi masyarakat Cibitung dan Cikarang Barat dan sukses rencana membangun pusat oleh-oleh sebagai sentra niaga makanan tradisional khas Kabupaten Bekasi,” kata Marno.

Diakuinya, Dodol Betawi Kampung Ceger sudah mendapat rekor MURI dari pembuatan Dodol raksasa berukuran 60 meter. Namun Dodol raksasa tersebut dipromosikan Pemerintah Kota Bekasi, dan bukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Kita berharap banyak Bu Teti Lestari yang kita tahu orang Cibitung asli, tulen dari buyut, engkong dan sanak familinya dapat mengangkat hajat ekonomi masyarakat dan membawa perubahan yang lebih baik, aamiin,” ungkap Marno.

Di hadapan Marno, Teti Lestari mengungkapkan keinginannya mendirikan Pusat Oleh Oleh Kabupaten Bekasi di Pasar Haji Abdul Malik, Warung Bongkok Kecamatan Cikarang Barat. Keinginan itu sudah direncanakan sejak akhir 2022.

“Insya Allah jika Pemilu 2024 nanti saya terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Bekasi, kita kembangkan usaha kerakyatan ini secara maksimal, kita bantu permodalan para pelaku usaha Dodol dan makanan tradisional khas Kabupaten Bekasi lainnya, kita beli produknya, kita promosikan dan pasarkan hingga masuk semua pangsa pasar, termasuk ekspor,” ungkap Teti Lestari.

Diakuinya, Dodol Betawi di Kampung Ceger sudah dikenal sejak lama dari ibu bapaknya yang merupakan pribumi Cibitung. Biasanya setiap menjelang Ramadan dan lebaran, Dodol Betawi menjadi hidangan wajib yang harus tersaji di meja hidangan dan melengkapi isi rantang susun yang hendak dibawa ke rumah orang tua maupun sanak saudara menjelang lebaran.

“Istilahnya dalam tradisi masyarakat Bekasi disebut nyorog,” kata Teti Lestari sambil mencicipi Geplak ketan.

Teti Lestari mengakui Dodol Betawi buatan pak Marno rasanya gurih dan legit saat disantap dan tidak kalah nikmat dengan dodol lainnya.

“Pak Marno membuatnya dengan menggunakan tungku kayu bakar diaduk secara manual yang memakan waktu selama 7 hingga 8 jam, enak banget,” ungkap Teti Lestari.

 

Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 69 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

PAN Serahkan Rekomendasi 8 Calon Gubernur Saat Rakernas PAN

30 Juni 2024 - 22:51 WIB

Rekomendasi PAN Calon Gubernur

Jubir Barisan Pembaharuan Indah Sri Rejeki, Usulkan 11 Nama Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

30 Juni 2024 - 12:46 WIB

Kabinet Prabowo-Gibran

PAN Gelar Rakernas Bahas Persiapan Kongres dan Pilkada

29 Juni 2024 - 10:26 WIB

Rakernas PAN

Ikhwan Syahtaria, Jendral TNI yang Diusulkan Tokoh Masyarakat Sebagai Penjabat Bupati Bekasi

10 Mei 2024 - 14:21 WIB

Ikhwan Syahtaria

Survei Tahap 2 Bakal Calon Bupati Bekasi Tahun 2024, Mengerucut 24 Top Person

23 April 2024 - 12:48 WIB

Survei Tahap Kedua

SMSI Rilis Hasil Survei 36 Top Person Bakal Calon Bupati Bekasi 2024-2029

12 April 2024 - 10:48 WIB

Survei Calon Bupati Bekasi
Trending di NEWS