Menu

Mode Gelap
Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream Pemkab Bekasi Gelar Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Desa Simpangan Cikarang Utara Penghargaan Diberikan kepada Abang Mpok Kota Bekasi 2024 Pada Apel Pagi di Plaza Pemkot Bekasi

POLITICAL · 20 Des 2023 11:16 WIB ·

DAMIN (Demam AMIN), Fenomena Baru Masyarakat Indonesia Inginkan Perubahan


Demam AMIN. (Dok: Istimewa) Perbesar

Demam AMIN. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Popularitas pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Indonesia tengah mencapai puncaknya. Mayoritas masyarakat Indonesia seakan-akan terhipnotis keduanya dan mengalami fenomena baru: Demam Amin (DAMIN).

DAMIN, muncul karena mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan perubahan kebijakan dalam aspek ekonomi yang merata, perubahan dalam lapangan pekerjaan dan perubahan dalam hal kebijakan harga bahan pokok tidak mahal.

Masyarakat juga menginginkan perubahan dari segi bantuan sosial, pendidikan, pengentasan kemiskinan, kesejahteraan, penegakan hukum, turunnya harga BBM, kesehatan, infrastruktur, upah, hingga pemberantasan korupsi.

Fenomena DAMIN ini sangat mempengaruhi gaya hidup anak muda, termasuk kaum buruh, ulama dan petani di Indonesia. Sejak beberapa bulan terakhir, logo bertulisan AMIN menyebar di kaos,  aksesoris (hiasan) dan produk-produk jajanan pasar yang bisa didapatkan melalui lapak online.

Meroketnya elektabilitas AMIN, terutama pasca debat pertama Capres, Selasa 13 Desember 2023 lalu.

Pascadebat capres tersebut, elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di sejumlah poling media online nasional terpantau meningkat.

Pemaparan Anies yang sangat lugas dan faktual dalam menyampaikan berbagai persoalan pemerintahan, HAM, penegakan hukum hingga pemberantasan korupsi termasuk polemik IKN menginvasi masyarakat untuk memilih Anies.

Anies tak hanya mengangkat berbagai masalah, tapi juga menawarkan berbagai ide solusi yang akan menjadi program strategis Anies ketika terpilih jadi presiden.

Kumparan.com mencatat elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin pasca debat pertama capres mencapai 65,52%, Prabowo 18,51%, dan Ganjar 15,96%.

Lalu, hasil polling Kompas menunjukkan Anies unggul 37,9% dalam debat perdana. Ia lebih baik dari Ganjar Pranowo yang hanya menarik perhatian masyarakat sebanyak 22,6%, dan Prabowo Subianto 21,8%. Sebanyak 17,7% menyatakan tidak tahu.

Kemudian, polling Tempo.co yang diikuti 7.000 responden menunjukkan Anies menguasai panggung debat dengan skor 69%, diikuti Ganjar 23%, dan Prabowo hanya mengantongi 6%.

Bagaimana dengan anda, sudahkah terkena Demam AMIN (DAMIN)?

*) TETI LESTARI
Calon anggota DPRD Kabupaten Bekasi
Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Dapil 2: Cibitung, Cikarang Barat
Nomor urut 5.

 

Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

PAN Serahkan Rekomendasi 8 Calon Gubernur Saat Rakernas PAN

30 Juni 2024 - 22:51 WIB

Rekomendasi PAN Calon Gubernur

Jubir Barisan Pembaharuan Indah Sri Rejeki, Usulkan 11 Nama Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

30 Juni 2024 - 12:46 WIB

Kabinet Prabowo-Gibran

PAN Gelar Rakernas Bahas Persiapan Kongres dan Pilkada

29 Juni 2024 - 10:26 WIB

Rakernas PAN

Ikhwan Syahtaria, Jendral TNI yang Diusulkan Tokoh Masyarakat Sebagai Penjabat Bupati Bekasi

10 Mei 2024 - 14:21 WIB

Ikhwan Syahtaria

Survei Tahap 2 Bakal Calon Bupati Bekasi Tahun 2024, Mengerucut 24 Top Person

23 April 2024 - 12:48 WIB

Survei Tahap Kedua

SMSI Rilis Hasil Survei 36 Top Person Bakal Calon Bupati Bekasi 2024-2029

12 April 2024 - 10:48 WIB

Survei Calon Bupati Bekasi
Trending di NEWS