Menu

Mode Gelap
Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Berkendara Jarak Jauh Perbedaan Wartawan dan Reporter Bentrok Brimob dengan TNI AL di Sorong, Kapolda Papua Barat Imbau Agar Tak Terprovokasi Korlantas Tambah Safety Car Hingga Perketat Pembatas Jalan di Jalur Contraflow Arus Balik Lebaran 2024 Penerapan WFH Maksimal 50 Persen Bagi ASN pada 16-17 April, Begini Aturannya

Uncategorized · 4 Apr 2024 07:51 WIB ·

Mulai 2024, TPU di Kabupaten Bekasi Bebas Biaya Retribusi


Keberadaan TPU di Kabupaten Bekasi yang Dibebaskan Biaya Retribusi Daerah. (Dok: Istimewa) Perbesar

Keberadaan TPU di Kabupaten Bekasi yang Dibebaskan Biaya Retribusi Daerah. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membebaskan biaya retribusi tempat pemakaman umum yang dikelola pemerintah daerah setempat.

“Untuk tempat pemakaman umum (TPU) memang mulai tahun ini sudah tidak ada lagi retribusi ya,” kata Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir di Cikarang, Senin (26/2).

Dia mengatakan pembebasan biaya dimaksud mengacu peraturan daerah terkait retribusi sebagai turunan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 menyangkut hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Chaidir menjelaskan saat ini terdapat lima TPU di bawah pengelolaan Pemerintah Kabupaten Bekasi yakni TPU Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan; TPU Wanajaya, Kecamatan Cibitung; TPU Kebalen, Kecamatan Babelan; TPU Karangbahagia, Kecamatan Karangbahagia; serta TPU Pasirtanjung, Kecamatan Cikarang Pusat.

“Kelima TPU tersebut dapat digunakan oleh seluruh warga Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Disperkimtan Kabupaten Bekasi juga membuka pelayanan informasi TPU untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan sarana dan prasarana pemakaman.

“Tidak hanya sebatas TPU, kami juga buka layanan tata cara pengajuan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum), berikut permohonan pemanfaatan baik untuk sarana ibadah, pendidikan, kesehatan, maupun lainnya. Masyarakat bisa langsung datang ke kantor atau mengakses melalui layanan secara daring atau online yang telah kami sediakan,” katanya.

Pengelola Sarana dan Prasarana Pemakaman Umum TPU Wanajaya Sadeli membenarkan terhitung sejak Januari 2024 tempat pemakaman umum yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah gratis atau tanpa dipungut biaya retribusi.

“Untuk lahan di kita masih luas, dari 37 hektare lahan tersedia baru terpakai kurang lebih tiga hektare untuk pemakaman muslim dan satu hektare untuk pemakaman nonmuslim,” katanya.

Sadeli memastikan pelayanan di TPU Wanajaya tetap berjalan optimal meskipun retribusi pemakaman umum telah dihapuskan.

“Kenyamanan pengunjung tetap jadi prioritas kami. Kebersihan terus kita jaga, pekerjaan gali tanah kubur kita gratiskan,” kata dia.

 

Editor: Uje

*Update Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Disperkimtan Kabupaten Bekasi Adakan Evaluasi Kinerja Pegawai Triwulan I

5 April 2024 - 23:19 WIB

Evaluasi Kinerja Pegawai Disperkimtan

Disperkimtan Kabupaten Bekasi Buka Layanan Informasi TPU di Acara BOTRAM

5 April 2024 - 08:49 WIB

Layanan Informasi TPU di Kabupaten Bekasi

Soal Perbup Kebencanaan, Begini Kata Kadis Perkimtan Kabupaten Bekasi

4 April 2024 - 08:37 WIB

Perbup Kebencanaan

Tahun Ini, Disperkimtan Kabupaten Bekasi Bakal Bangun Ribuan Rutilahu dan SPALD-S

3 April 2024 - 08:11 WIB

Rutilahu Kabupaten Bekasi

Kadis Perkimtan Hadiri Safari Ramadan di Ponpes Al Fath Jalen Tambun Selatan

21 Maret 2024 - 08:49 WIB

Bapenda Targetkan PAD Kabupaten Bekasi 2024 Sebesar 2,6 Triliun

5 Maret 2024 - 10:37 WIB

Bapenda
Trending di Uncategorized