Menu

Mode Gelap
Polsek Cileungsi Dinilai Lambat Tangani Dugaan Penyalahgunaan Migas Oleh HS Mahkamah Agung Diminta Segera Batalkan Sertifikat Nomor 14488 Produk Mafia Tanah yang Sengsarakan Rakyat Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Berkendara Jarak Jauh Perbedaan Wartawan dan Reporter Bentrok Brimob dengan TNI AL di Sorong, Kapolda Papua Barat Imbau Agar Tak Terprovokasi

Uncategorized · 3 Apr 2024 08:11 WIB ·

Tahun Ini, Disperkimtan Kabupaten Bekasi Bakal Bangun Ribuan Rutilahu dan SPALD-S


Program Rutilahu Kabupaten Bekasi. (Dok: Istimewa) Perbesar

Program Rutilahu Kabupaten Bekasi. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Untuk mengatasi kemiskinan ekstrem, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi membangun ribuan Rutilahu (rumah tidak layak huni) dan jamban.

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir menyatakan bahwa pihaknya memiliki program untuk mengatasi kemiskinan ekstrem, yaitu pembangunan Rutilahu dan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) atau pembangunan jamban.

“Pada tahun 2024, terdapat 1.670 penerima manfaat program Rutilahu yang tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi, dengan masing-masing desa memiliki 15 penerima manfaat,” kata Nur Chaidir kepada wartawan pada Selasa, (13/2/2024).

Nur Chaidir menambahkan bahwa untuk memastikan kriteria program Rutilahu, pihaknya bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa.

Mereka mengirimkan data dan proposal calon penerima manfaat, kemudian pihaknya melakukan survei ke lapangan. Kriteria meliputi kondisi rumah yang tidak layak, kepemilikan tanah, dan tingkat penghasilan masyarakat.

“Program Rutilahu ini menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bekasi. Kami berharap dapat mendapatkan tambahan anggaran dari APBD Provinsi atau APBN,” tambahnya.

Selain itu, Nur Chaidir menjelaskan bahwa terdapat program pembangunan jamban sebanyak sekira 1.200 pada tahun 2024, dengan anggaran dari APBD Kabupaten Bekasi dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat.

Program ini juga diharapkan dapat membantu mengatasi kemiskinan ekstrem dan stunting di Kabupaten Bekasi.

“Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan,” pungkasnya.

 

Editor: Uje

*Update Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Disperkimtan Kabupaten Bekasi Adakan Evaluasi Kinerja Pegawai Triwulan I

5 April 2024 - 23:19 WIB

Evaluasi Kinerja Pegawai Disperkimtan

Disperkimtan Kabupaten Bekasi Buka Layanan Informasi TPU di Acara BOTRAM

5 April 2024 - 08:49 WIB

Layanan Informasi TPU di Kabupaten Bekasi

Soal Perbup Kebencanaan, Begini Kata Kadis Perkimtan Kabupaten Bekasi

4 April 2024 - 08:37 WIB

Perbup Kebencanaan

Mulai 2024, TPU di Kabupaten Bekasi Bebas Biaya Retribusi

4 April 2024 - 07:51 WIB

TPU di Kabupaten Bekasi

Kadis Perkimtan Hadiri Safari Ramadan di Ponpes Al Fath Jalen Tambun Selatan

21 Maret 2024 - 08:49 WIB

Bapenda Targetkan PAD Kabupaten Bekasi 2024 Sebesar 2,6 Triliun

5 Maret 2024 - 10:37 WIB

Bapenda
Trending di Uncategorized