Menu

Mode Gelap
Atlet Judo Polri Sumbang Medali Emas dan Perak di PON XXI Aceh-Sumut Alhamdulillah! 360 Hektar Lahan Pertanian Desa Karangharja Teraliri Air Bandara IKN Siap Uji Coba Pesawat RJ-85 Polri Usut Dugaan Penyelewengan Keuangan PON XXI Aceh-Sumut Pembangunan Jalan Cipasung-Subang-Cilebak Rampung, Jajang Juana: Kado Terindah

NEWS · 13 Feb 2024 10:44 WIB ·

Kemenkes Menyiapkan Layanan Kesehatan Bagi Caleg Stres Kalah Pemilu


 Ilustrasi Gangguan Mental. (Dok: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi Gangguan Mental. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) telah menyiapkan layanan kesehatan untuk calon legislatif (caleg) yang mengalami stres dan gangguan kesehatan mental akibat kegagalan dalam Pemilu 2024.

“Kami telah menyiapkan beberapa rumah sakit khusus untuk gangguan jiwa. Meskipun tidak diharapkan, namun kami siap untuk merawat mereka jika dibutuhkan,” kata dr. Obrin Parulian, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes, dalam keterangan di Kemencast pada Senin (12/2/2024).

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes RI, Nida Rohmawati, juga menyebut bahwa sejumlah puskesmas telah dilengkapi dengan fasilitas pertolongan pertama pada luka psikologis (P3LP).

Di samping itu, pihak Kemenkes juga menyediakan layanan konsultasi untuk membantu caleg yang mengalami stres akibat kekalahan dalam pemilu.

“Kami telah menyiapkan layanan saat penyelenggaraan pemilu, dan akan terus kami siapkan jika ada orang yang membutuhkan P3LP,” tambah Nida.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga telah menyiapkan fasilitas kesehatan bagi peserta Pemilu 2024 yang mengalami gangguan mental.

Jika terdapat indikasi gangguan mental, pelayanan kesehatan jiwa akan dimulai dengan proses skrining dan tindak lanjut awal di puskesmas yang tersebar di 44 kecamatan se-Jakarta.

Setelah itu, calon pasien akan mendapatkan surat rujukan untuk dilanjutkan perawatannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang menyediakan layanan psikiatri.

Dinkes DKI juga menawarkan pelayanan oleh psikolog yang tersebar di 25 puskesmas di wilayah Jakarta.

“RSUD Duren Sawit menjadi pusat rujukan utama untuk menangani berbagai kondisi, termasuk stres dan gangguan kesehatan mental,” kata Kepala Dinkes DKI Jakarta, Ani Ruspitawati.

 

Editor: Uje

*Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Atlet Judo Polri Sumbang Medali Emas dan Perak di PON XXI Aceh-Sumut

16 September 2024 - 17:05 WIB

Atlet Judo Polri

Alhamdulillah! 360 Hektar Lahan Pertanian Desa Karangharja Teraliri Air

14 September 2024 - 12:24 WIB

Desa Karangharja

Bandara IKN Siap Uji Coba Pesawat RJ-85

13 September 2024 - 10:08 WIB

Bandara IKN

Polri Usut Dugaan Penyelewengan Keuangan PON XXI Aceh-Sumut

12 September 2024 - 13:21 WIB

Keuangan PON Aceh-Sumut

Pembangunan Jalan Cipasung-Subang-Cilebak Rampung, Jajang Juana: Kado Terindah

11 September 2024 - 10:40 WIB

Jajang Juana DPRD Kuningan

Ketua PWI Bekasi Raya, Ade Muksin; KPU Kota & Kabupaten Bekasi Harus Transparan

10 September 2024 - 17:07 WIB

Ketua PWI Bekasi Raya
Trending di NEWS