Menu

Mode Gelap
Berhadiah Rp500 Juta, Sekretaris Dinas LH Kabupaten Bekasi Berikan Tips Lomba Kampung Bersih Relawan Barisan Mas Gibran (BMG) Usulkan 12 Menteri dan Wamen Milenial Kabinet Prabowo-Gibran Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream

POLITICAL · 30 Jul 2023 15:57 WIB ·

Kerja Bakti, Caleg PKS Teti Lestari Turun Langsung Bareng Warga


Caleg PKS Teti Lestari Turun Langsung Bareng Warga desa Telagamurni Melakukan Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air. (Dok: Istimewa) Perbesar

Caleg PKS Teti Lestari Turun Langsung Bareng Warga desa Telagamurni Melakukan Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Teti Lestari, Calon Legislatif (Caleg) PKS DPRD Kabupaten Bekasi, bersama warga dari empat Rukun Tetangga (RT) di Desa Telagamurni, telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial (baksos) pembersihan saluran air.

Kegiatan baksos tersebut bertujuan untuk mencegah pencemaran Kalimalang di Desa Telagamurni akibat tumpukan sampah rumah tangga selama satu tahun.

“Dalam kesempatan ini, saya bersama warga RW 01 yang mencakup RT 01, RT 02, RT 03, dan RT 04, secara langsung turun membersihkan gorong-gorong di perbatasan RW 01,” kata Teti Lestari kepada wartawan pada Minggu (30/07/2023) pagi.

Caleg nomor urut 5 untuk Daerah Pemilihan Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Cikarang Barat ini menjelaskan bahwa kegiatan baksos bersih saluran air merupakan kelanjutan dari Tradisi Bersih Kali yang dimulai sejak pertengahan Mei 2023.

DLH UPTD 3 dan Komunitas Katak

Kali ini, Teti Lestari dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi melalui UPTD 3 dan Komunitas Katak binaan Rahmat Hidayat yang secara langsung terlibat membersihkan gorong-gorong yang penuh dengan sampah.

“Tadi saat kami membersihkan gorong-gorong di perbatasan, sampahnya terus mengalir dari ujung gorong-gorong di RT 01 ke gorong-gorong perbatasan RW 01. Namun, sekarang sudah bersih dan airnya mengalir lancar,” ujar Teti Lestari.

Teti Lestari PKS

Teti Lestari, Calon Legislatif (Caleg) PKS DPRD Kabupaten Bekasi, bersama warga dari empat Rukun Tetangga (RT) di Desa Telagamurni, telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial (baksos) pembersihan saluran air. (Dok: Istimewa)

Hadir dalam kegiatan bakti sosial tersebut adalah Ketua RT Dudung (RT 01/01), Ketua RT Tami (RT 02/01), Ketua RT Wasid (RT 03/01), dan Ketua RT Subur (RT 04/01).

Warga Antusias

Dalam pantauan media, puluhan warga terlihat bersemangat mengangkut sampah dari gorong-gorong dan memuatnya ke truk sampah yang disiapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Doni Siraid.

“Ya, warga terlihat bersemangat, sejak pukul 07.00 pagi sudah turun ke dalam gorong-gorong untuk membersihkan sampah,” kata Ketua RT 04/01, Subur.

Menurut RT Subur, pembersihan saluran air dan gorong-gorong di wilayahnya diharapkan dapat mencegah banjir akibat saluran yang tersumbat.

“Target kami hari ini adalah membersihkan seluruh gorong-gorong dari sampah dan lumpur serta membuangnya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT 01/01, Hanafi menambahkan bahwa pembersihan gorong-gorong di perbatasan RW 01 baru dilakukan setelah absen selama satu tahun.

Selama ini, sampah terlihat menumpuk dan menyebabkan aroma tak sedap bagi warga yang tinggal di sekitar gorong-gorong.

“Kami khawatir saat musim hujan, tumpukan sampah dapat menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir,” ujar dia.

Selain itu, saluran tersebut mengalir ke arah Kalimalang Desa Telagamurni yang selama ini sering digunakan warga untuk mandi dan mencuci pakaian.

Sementara itu, warga di sekitar bantaran kali mengucapkan terima kasih atas kepedulian Teti Lestari terhadap lingkungan tempat tinggal mereka.

“Kami berdoa semoga Bu Teti Lestari terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan kami akan sepenuhnya mendukung karena Bu Teti Lestari juga merupakan warga dari kampung ini, warga Desa Telagamurni yang lahir di Cibitung. Saya yakin setelah duduk di DPRD, beliau akan sangat peduli terhadap kampung halamannya,” ungkap warga.

 

Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Relawan Barisan Mas Gibran (BMG) Usulkan 12 Menteri dan Wamen Milenial Kabinet Prabowo-Gibran

17 Juli 2024 - 23:07 WIB

Kabinet Prabowo-Gibran

PAN Serahkan Rekomendasi 8 Calon Gubernur Saat Rakernas PAN

30 Juni 2024 - 22:51 WIB

Rekomendasi PAN Calon Gubernur

Jubir Barisan Pembaharuan Indah Sri Rejeki, Usulkan 11 Nama Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

30 Juni 2024 - 12:46 WIB

Kabinet Prabowo-Gibran

PAN Gelar Rakernas Bahas Persiapan Kongres dan Pilkada

29 Juni 2024 - 10:26 WIB

Rakernas PAN

Ikhwan Syahtaria, Jendral TNI yang Diusulkan Tokoh Masyarakat Sebagai Penjabat Bupati Bekasi

10 Mei 2024 - 14:21 WIB

Ikhwan Syahtaria

Survei Tahap 2 Bakal Calon Bupati Bekasi Tahun 2024, Mengerucut 24 Top Person

23 April 2024 - 12:48 WIB

Survei Tahap Kedua
Trending di NEWS