Menu

Mode Gelap
Rekomendasi Penetapan Cagar Budaya, TACB Kabupaten Bekasi Tengah Fokus Pada Objek Bentuk Bangunan Polres Metro Bekasi Bakal Tindak Tegas Anggota yang Terlibat Langsung Judi Online dan Pinjol Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polsek Setu Giat Bakti Sosial Waduh! Daftar Sekolah di SMPN 5 Cikarang Barat Wajib Beli Map Seharga Rp25ribu Membuka Portal Sejarah Silsilah Mbah Raden Marfu di Makam Mede Mekarwangi

POLITICAL · 15 Mei 2023 18:45 WIB ·

KPU Kab Bekasi Ingatkan Parpol Segera Daftarkan Bacaleg


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengingatkan partai politik untuk segera mendaftarkan bakal calon legislatif atau bacaleg. Perbesar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengingatkan partai politik untuk segera mendaftarkan bakal calon legislatif atau bacaleg.

Konteksberita.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengingatkan partai politik untuk segera mendaftarkan bakal calon legislatif atau bacaleg. Hal ini dikarenakan batas akhir pendaftaran hanya dibuka sampai tanggal 14 Mei 2023.

“KPU Kabupaten Bekasi hari ini menerima dua pengajuan partai politik untuk bacaleg DPRD Kabupaten Bekasi, yaitu PAN dan Partai Golkar,” kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin, dikutip Jumat (13/5).

Dari dua partai yang mengajukan bacaleg pada hari ini, PAN dinyatakan sudah memenuhi persyaratan lengkap sehingga berhak menerima cetakan tanda terima berita acara dari aplikasi Silon, sementara Partai Golkar dinyatakan belum lengkap.

“Berkas Golkar tidak kita terbitkan tanda terima karena persetujuan DPP mereka belum dimasukkan ke Silon. Kalau PAN sudah ada di Silon, berarti yang sudah menerima berita acara adalah PKS, PPP, Hanura, NasDem, dan PAN,” ujarnya.

Jajang menyatakan bahwa baru delapan dari total 18 partai politik kontestan Pemilu 2024 yang sudah mendaftarkan bacaleg kepada KPU Kabupaten Bekasi, padahal batas akhir pendaftaran hanya tinggal dua hari lagi.

Dirinya juga mengingatkan partai politik yang akan mendaftarkan bacaleg untuk memastikan bahwa berkas yang diunggah ke aplikasi Silon sudah lengkap agar tidak menimbulkan masalah bagi partai tersebut karena keterbatasan waktu.

Pihak KPU menerima konfirmasi bahwa pada Sabtu (13/5) besok, empat partai politik akan mendaftar, sementara sisanya menumpuk pada tanggal 14 Mei 2023 atau hari terakhir pendaftaran bacaleg.

“Dan jika sampai tanggal 14 tanda terima tidak diberikan, berarti tidak bisa disertakan untuk verifikasi karena tidak ada barang yang bisa diverifikasi. Mulai tanggal 15 Mei hingga 23 Juni 2023, kami akan melakukan pengecekan dokumen. Jika terdapat ketidaksesuaian, partai politik diminta memberikan klarifikasi dan perbaikan,” jelasnya.

Jajang juga menyatakan bahwa pendaftaran bakal calon legislatif sebenarnya bukanlah kewajiban, melainkan hak dari partai politik.

“Pengajuan bacaleg itu bukan kewajiban, tetapi hak. Jika mereka ingin mendapatkan kursi di dewan, mereka bisa mengajukan caleg. Jika tidak ingin, tidak apa-apa,” pungkasnya.

 

Penulis/Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ikhwan Syahtaria, Jendral TNI yang Diusulkan Tokoh Masyarakat Sebagai Penjabat Bupati Bekasi

10 Mei 2024 - 14:21 WIB

Ikhwan Syahtaria

Survei Tahap 2 Bakal Calon Bupati Bekasi Tahun 2024, Mengerucut 24 Top Person

23 April 2024 - 12:48 WIB

Survei Tahap Kedua

SMSI Rilis Hasil Survei 36 Top Person Bakal Calon Bupati Bekasi 2024-2029

12 April 2024 - 10:48 WIB

Survei Calon Bupati Bekasi

Usulan Pj Gubernur Jabar Terkait Nama Pj Bupati Bekasi Ditolak Warga Kabupaten Bekasi

3 April 2024 - 15:04 WIB

Usulan Pj Bupati Bekasi

BN. Holik Jadi Magnet Masyarakat Menuju Kursi Bupati Bekasi Periode 2024-2029

2 April 2024 - 22:40 WIB

BN. Holik

Jurnalis Senior, Yoyo Suharyono Siap Maju Mencalonkan Wali Kota Bekasi Periode 2024-2029

29 Maret 2024 - 15:23 WIB

Yoyo Suharyono
Trending di NEWS