Menu

Mode Gelap

NEWS · 5 Apr 2023 05:54 WIB ·

Sarpras Sekolah di Kabupaten Bekasi Terus Ditingkatkan Jelang Tahun Ajaran Baru


Kepala Dinas Pendidikan, Imam Faturahman Bersama Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Benny Sugiarto Prawiro meninjau langsung gedung sekolah baru di SD Babelan Kota 05, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Selasa (4/4). Perbesar

Kepala Dinas Pendidikan, Imam Faturahman Bersama Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Benny Sugiarto Prawiro meninjau langsung gedung sekolah baru di SD Babelan Kota 05, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Selasa (4/4).

BEKASI – Menjelang tahun ajaran baru 2023/2024, Pemerintah kabupaten Bekasi terus menggenjot pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana sekolah.

Hal itu dilakukan guna persiapan menyambut peserta didik baru pada jenjang sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP).

“Hari ini, kami (Dinas Pendidikan dan Dinas Cipta Karya) melihat kesiapan infrastruktur, fasilitas dan akses pendidikan yang telah disiapkan oleh pemerintah untuk menyambut peserta didik baru,” kata Kepala Dinas Pendidikan Imam Faturahman dikutip, Selasa (4/4).

Imam menuturkan, pelaksanaan tahun ajaran baru dalam penerimaan peserta didik harus dipersiapkan agar berjalan optimal.

“Jumlah peserta didik baru tidak dapat diprediksi, tapi kami siap, berapa pun jumlah kebutuhan peserta didik baru,” ujarnya.

BACA JUGA: DCKTR Kabupaten Bekasi Fokus Rehab Sekolah Rusak

Selain itu, kata Imam, tidak ada lagi peserta didik yang belajar di lantai. Karena fasilitas kursi dan meja belajar pun juga turut disiapkan.

“Mebeler sudah disiapkan tinggal proses yang perlu dilalui. Tahun ini, ada 160 ruang yang akan diisi mebeler baru. Untuk kelas baru dan penggantian. Untuk 2022, sudah seluruhnya terfasilitasi,” katanya.

Meski demikian, lanjut Imam, saat ini masih ada sejumlah sekolah di kabupaten Bekasi yang perlu mendapat perhatian lebih.

Menurutnya masih terdapat banyak ruang kelas yang rusak, baik berat, sedang, maupun ringan. Selain itu juga, rasio kecukupan antara ruang kelas yang ada dengan rombongan belajar masih perlu ditingkatkan.

“Tapi, kami tidak kecil hati karena suatu saat permasalahan ini bisa diselesaikan dengan baik. Perbaikan terus dilakukan dan tentunya dengan koordinasi yang baik,” jelasnya.

BACA JUGA: Tahun 2023, DCKTR Siap Bangun 6 Sekolah Baru dan 79 RKB

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro mengungkapkan peninjauan itu dilakukan pada gedung sekolah yang dibangun tahun 2022.

“Ini merupakan kerja sama kami dengan Dinas Pendidikan untuk bersama-sama menciptakan sarana dan prasarana yang baik bagi peserta didik. Alhamdulillah, silakan digunakan dan juga bisa untuk menyambut peserta didik pada tahun ajaran mendatang,” kata Benny.

Di tahun 2022, kata Benny, total Rp214,08 miliar dialokasikan untuk membangun infrastruktur pendidikan. Terdiri dari 51 ruang kelas baru jenjang SD dan 19 ruang kelas baru jenjang SMP.

“Kami juga merehabilitasi ruang kelas yang tidak memadai. Total ada 268 ruang kelas yang direhab SD dan SMP,” jelasnya.

Selain itu juga, pihaknya melakukan revitalisasi terhadap 86 titik fasilitas penunjang pendidikan lain seperti taman dan pemagaran. (Red)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bosih Awalludin S.Sos., M.Si Buka Acara Peringatan HSN di Ponpes Darussalam

22 Oktober 2024 - 22:03 WIB

Ponpes Darussalam Setu

Di Hari Santri Nasional, Pj Bupati Bekasi Ajak Santri Lawan Kebodohan

22 Oktober 2024 - 14:58 WIB

Hari Santri Nasional

Nama-Nama Menteri Kabinet Merah Putih yang Dilantik

21 Oktober 2024 - 12:14 WIB

Nama-Nama Menteri Kabinet Merah Putih

Sah! Prabowo-Gibran Resmi Menjabat Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

20 Oktober 2024 - 15:41 WIB

Prabowo-Gibran

Penyeludupan 237.305 Benih Bening Lobster Senilai Rp 23,6 Miliar Digagalkan Tim Gabungan Polri

18 Oktober 2024 - 14:01 WIB

Bareskrim Polri

Pj Wali Kota Bandung Melantik Pengurus Forum Puspa Kota Bandung

17 Oktober 2024 - 09:22 WIB

Forum Puspa Kota Bandung
Trending di NEWS