Menu

Mode Gelap
Pemdes Muktijaya Setu Giat Bimtek Ketahanan Pangan Pertanian Hidroponik Soal Perpindahan ASN ke IKN, Begini Kata Presiden Jokowi Kadis Perkimtan kabupaten Bekasi Hadiri Acara Pemantauan Area Pengelolaan BMD Perkuat Sinergitas, PWI Bekasi Raya Sambangi Disdik Kota Bekasi INA Digital Akan Luncurkan 3 Layanan Terbatas pada Bulan Ini

NEWS · 9 Nov 2023 00:01 WIB ·

Pemkab Bekasi Bakal Bangun Kantor Sekretariat Saber Pungli


 PJ Bupati Bekasi, Dani Ramdan. (Dok: Istimewa) Perbesar

PJ Bupati Bekasi, Dani Ramdan. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk memberantas pungutan liar dan mendukung perbaikan dalam pengelolaan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) di Kabupaten Bekasi dengan segera membangun kantor sekretariat untuk Satgas Saber Pungli.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengungkapkan komitmennya saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Satgas Saber Pungli tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, yang bertema “Memperkuat Tata Kelola Organisasi UPP Kabupaten/Kota Untuk Mendukung Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat Sebagai Rujukan Nasional.”

Rapat tersebut diselenggarakan di Hotel Holiday Inn, Jababeka Cikarang, pada Rabu, 8 November 2023.

Dani menjelaskan bahwa meskipun kinerja dalam memerangi pungutan liar di Kabupaten Bekasi telah cukup baik, keberadaan kantor sekretariat khusus untuk UPP belum ada.

“Oleh karena itu, Pemkab Bekasi sedang menyiapkan anggaran perubahan untuk membangun kantor tersebut, dengan harapan bahwa kantor tersebut akan siap digunakan akhir tahun ini, dan Tim Saber Pungli akan memiliki kantor permanen pada tahun depan,” ungkap Dani.

Selain itu, Kabupaten Bekasi mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Rakorda Saber Pungli se-Jawa Barat, yang diharapkan dapat memberikan semangat dan dorongan tambahan bagi Tim Saber Pungli di Kabupaten Bekasi.

Dani menjelaskan bahwa dengan adanya kantor sekretariat ini, Tim UPP akan dapat memberikan layanan konsultasi, pencegahan, dan penindakan terhadap laporan masyarakat terkait pungutan liar.

Sebagai seorang kepala daerah, Dani sangat mengecam tindakan pungutan liar di Kabupaten Bekasi. Meskipun nominalnya mungkin kecil, pungutan liar tersebut dapat merugikan masyarakat, tidak efisien secara ekonomi, dan dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dani juga menyebut beberapa kegiatan yang telah dilakukan Unit Saber Pungli Kabupaten Bekasi, seperti kegiatan sosialisasi oleh Pokja Pencegahan, penindakan dalam berbagai bidang, dan kegiatan intelijen dalam upaya pencegahan pungutan liar.

Upaya cepat dalam menindak kasus pungutan liar di Kabupaten Bekasi merupakan bagian dari komitmen untuk menjaga integritas pemerintah daerah di mata masyarakat dan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat untuk memajukan pembangunan.

 

Editor: Uje
Sumber: Humas Pemkab

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemdes Muktijaya Setu Giat Bimtek Ketahanan Pangan Pertanian Hidroponik

7 September 2024 - 15:29 WIB

Ketahanan Pangan Desa Muktijaya Setu

Soal Perpindahan ASN ke IKN, Begini Kata Presiden Jokowi

6 September 2024 - 16:30 WIB

Perpindahan ASN ke IKN

Kadis Perkimtan kabupaten Bekasi Hadiri Acara Pemantauan Area Pengelolaan BMD

6 September 2024 - 14:49 WIB

Kadis Perkimtan

Perkuat Sinergitas, PWI Bekasi Raya Sambangi Disdik Kota Bekasi

5 September 2024 - 15:07 WIB

Disdik Kota Bekasi

INA Digital Akan Luncurkan 3 Layanan Terbatas pada Bulan Ini

4 September 2024 - 16:49 WIB

INA Digital

Jokowi Resmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Ngoerah, Bali

3 September 2024 - 20:36 WIB

Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
Trending di NEWS