Menu

Mode Gelap
Lebih Dari Satu Tahun Disandera KKB, Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan Warga Jakarta Diimbau Amankan Uang Tunai Hingga Dokumen Penting, Siaga Ancaman Megathrust Dewan Pers: Wartawan Sebagai Kontestan atau Timses di Pilkada 2024 Diminta Mundur 6 Juta Data NPWP Warga RI Diduga Bocor, Sri Mulyani Minta DJP Lakukan Pendalaman Masyarakat Desa Tamansari Apresiasi Pembangunan Jalan Gang Iljin

NEWS · 3 Agu 2024 01:53 WIB ·

Pemdes Tamansari Gelar Bimtek dan Peningkatan Kapasitas RT dan RW


 Kegiatan Bimtek dan Peningkatan Kapasitas RT dan RW Se-Desa Tamansari Setu. (Dok: Istimewa) Perbesar

Kegiatan Bimtek dan Peningkatan Kapasitas RT dan RW Se-Desa Tamansari Setu. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Pemerintah Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Peningkatan Kapasitas RT dan RW Se-Desa Tamansari, bertempat di EMTE Highland Resort Ciwidey Bandung pada 2-3 Juli 2024.

Acara Bimtek yang didukung dari anggaran APBD Kabupaten Bekasi tahun Anggaran 2024 itu, dibuka langsung oleh Kepala Desa Tamansari, M. Jahi Hidayat

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Setu Joko Dwijatmoko, Sekcam Setu Endang Damiri, Koordinator Pendamping Desa, LPM Desa, Puskesos Desa, Kasi Trantib, Binmaspol, Bhabinsa, serta perangkat desa mulai dari Staft dan para ketua RT dan RW peserta Bimtek.

Kepala desa Tamansari, M. Jahi Hidayat, menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas RT dan RW dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Bimtek RT RW Desa Tamansari Setu

Kepala Desa Tamansari Setu, M. Jahi Hidayat, Memberikan Sambutan dalam Acara Bimtek RT dan RW. (Dok: Istimewa)

“Tentunya kegiatan Bimtek ini sangat perlu. Karena kita lihat jika hanya mengandalkan dalam rapat minggon atau rapat lainnya, itu dirasa kurang maksimal, baik itu dalam penyerapan aspirasi dan perintah tugas kepada perangkat desa khususnya tingkat RT dan RW,” kata Jahi. Sabtu (3/7).

Dia menambahkan bahwa Bimtek ini memberikan arahan dan pengetahuan kepada RT dan RW tentang peningkatan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat serta mengimplementasikan ide dan gagasan terkait pembangunan.

Jahi juga menyampaikan bahwa meskipun kinerja perangkat desa sudah cukup baik, evaluasi terus dilakukan, terutama dalam meningkatkan komunikasi antar perangkat desa. Dia optimis bahwa Bimtek ini dapat meningkatkan kinerja mereka lebih lanjut.

“Alhamdulillah, sejauh ini kinerja perangkat desa secara garis besar sudah cukup baik. Namun, kita tidak menutup kemungkinan beberapa masih perlu di evaluasi. Salah satunya komunikasi antar perangkat desa,” ucapnya.

Camat Setu Sebagai Narasumber

Sementara itu, Camat Setu Joko Dwijatmoko, dalam pemaparannya sebagai narasumber Bimtek menjelaskan tentang pentingnya peran RT dan RW dalam masyarakat.

Bimtek RT RW Desa Tamansari Setu

Camat Setu, Joko Dwijatmoko, Saat Pemaparan Sebagai Narasumber Bimtek RT dan RW desa Tamansari Setu. (Dok: Istimewa)

Beliau menekankan perlunya pemahaman terhadap tugas dan fungsi RT dan RW untuk menjaga terlaksananya pemerintahan yang baik dan benar.

Joko juga mengajak RT dan RW untuk terus meningkatkan kapasitas pengetahuannya agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

“Kalau kita ingin memperbaiki dan meningkatkan kualitas pemerintahan, ya harus seperti ini, ada Bimtek dan Peningkatan Kapasitas perangkat desa,” jelas Joko.

Menurut Joko, hasilnya saat ini perangkat desa dari tingkat RT dan RW sudah mulai ada peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang lebih baik.

“Dari beberapa kali saya hadir dalam kegiatan seperti ini, pertanyaan mereka sudah lebih tajam. Artinya mereka sudah ada peningkatan kapasitas, pengetahuan, keinginan untuk merubah, itu saya sangat mengapresiasi,” ungkapnya.

Joko berharap agar kegiatan Bimtek seperti ini dapat terus ditingkatkan dengan hadirnya narasumber yang kompeten dalam bidangnya untuk memberikan pengetahuan teknis yang lebih mendalam.

 

Penulis: Uje / Gibran

*Update Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lebih Dari Satu Tahun Disandera KKB, Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan

21 September 2024 - 11:29 WIB

Pilot Susi Air

Warga Jakarta Diimbau Amankan Uang Tunai Hingga Dokumen Penting, Siaga Ancaman Megathrust

20 September 2024 - 14:16 WIB

Megathrust Jakarta

Dewan Pers: Wartawan Sebagai Kontestan atau Timses di Pilkada 2024 Diminta Mundur

20 September 2024 - 11:02 WIB

Dewan Pers Pilkada 2024

6 Juta Data NPWP Warga RI Diduga Bocor, Sri Mulyani Minta DJP Lakukan Pendalaman

20 September 2024 - 10:12 WIB

Data NPWP Bocor

Masyarakat Desa Tamansari Apresiasi Pembangunan Jalan Gang Iljin

19 September 2024 - 16:45 WIB

Pembangunan Jalan Gang Iljin

Polri Ungkap Deretan Tersangka Terlibat Kasus Narkoba Rp 2,1 Triliun

19 September 2024 - 09:45 WIB

Tersangka Kasus Narkoba
Trending di NEWS