Menu

Mode Gelap
Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Berkendara Jarak Jauh Perbedaan Wartawan dan Reporter Bentrok Brimob dengan TNI AL di Sorong, Kapolda Papua Barat Imbau Agar Tak Terprovokasi Korlantas Tambah Safety Car Hingga Perketat Pembatas Jalan di Jalur Contraflow Arus Balik Lebaran 2024 Penerapan WFH Maksimal 50 Persen Bagi ASN pada 16-17 April, Begini Aturannya

FEATURED · 29 Mar 2024 11:39 WIB ·

5 Keistimewaan Hari Jumat di Bulan Suci Ramadan


Ilustrasi Berdzikir dengan Tasbih. (Dok: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi Berdzikir dengan Tasbih. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com Hari Jumat adalah salah satu hari yang memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam.

Di bulan Ramadan, keistimewaan Hari Jumat semakin bertambah, karena bulan Ramadan sendiri sudah diangkat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Berikut adalah beberapa keistimewaan Hari Jumat di bulan Ramadan yang patut disimak:

1. Kesempatan Berlipat Ganda untuk Beramal

Hari Jumat di bulan Ramadan adalah momen yang sangat berharga untuk beramal.

Rasulullah SAW bersabda, “Hari Jumat itu lebih utama dari hari-hari lainnya, dan bulan Ramadan itu lebih utama dari bulan-bulan lainnya.”

Kombinasi kedua hal ini memberikan kesempatan yang sangat besar untuk melakukan amal kebaikan yang akan dilipatgandakan pahalanya.

2. Pahala Berlipat dalam Shalat Jumat

Shalat Jumat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim laki-laki. Tentunya di bulan Ramadan, pahala dari shalat Jumat ini menjadi lebih besar.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sebanyak yang ia bisa, kemudian berangkat sebelum terbit matahari, lalu dia pergi ke masjid dan setelah tiba dia tidak melakukan pembicaraan apa pun antara adzan dan iqamah, lalu dia mendirikan shalat yang ditetapkan untuknya, kemudian dia mendengarkan khutbah dengan tenang, Allah akan memberikan ampunan kepadanya antara dua Jumat.”

3. Kesempatan untuk Memperbanyak Dzikir dan Doa

Hari Jumat di bulan Ramadan juga merupakan waktu yang sangat baik untuk memperbanyak dzikir dan doa.

Rasulullah SAW bersabda, “Hari Jumat adalah ibadah bagi umatku. Maka, siapa yang datang ke masjid pada hari Jumat, hendaklah dia mandi. Jika ada minyak wangi maka hendaklah memakainya dan jika ada gandum maka hendaklah dia memakannya.”

4. Menyempurnakan Puasa

Puasa di bulan Ramadan adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam. Namun, menjalankan puasa di Hari Jumat memberikan kesempatan untuk menyempurnakan ibadah tersebut.

Penyempurnaan dengan amalan-amalan yang lebih dianjurkan, seperti shalat sunnah Rawatib sebelum dan setelah shalat Jumat.

5. Waktu untuk Membaca Al-Qur’an

Bulan Ramadan adalah bulan Al-Qur’an, dan Hari Jumat adalah momen yang sangat tepat untuk membaca Al-Qur’an dan merenungkan maknanya.

Menyisihkan waktu di Hari Jumat di bulan Ramadan untuk membaca, memahami, dan mengamalkan isi Al-Qur’an merupakan ibadah yang sangat mulia.

Dengan memanfaatkan keistimewaan Hari Jumat di bulan Ramadan ini, umat Islam dapat mendapatkan berbagai keberkahan dan keberlimpahan dari Allah SWT.

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan meraih keberkahan dalam setiap amal ibadah yang kita lakukan.

 

Editor: Uje

*Update Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Berkendara Jarak Jauh

15 April 2024 - 11:32 WIB

Berkendara Jarak Jauh

Perbedaan Wartawan dan Reporter

15 April 2024 - 11:02 WIB

Perbedaan Wartawan dan Reporter

Apa Itu Jurnalis dan Apa Tugas Utamanya?

14 April 2024 - 08:58 WIB

Apa itu Jurnalis

Prioritas Sedekah dalam Islam, Kepada Siapa Kita Dahulukan?

13 April 2024 - 00:02 WIB

Prioritas Sedekah dalam Islam

Persiapan Liburan, Beberapa Hal Penting Sebelum Berwisata

12 April 2024 - 14:50 WIB

Persiapan Liburan

Cara Menghilangkan Iklan Spam di HP Akibat Virus

11 April 2024 - 21:34 WIB

Cara Menghilangkan Iklan Spam di Hp
Trending di FEATURED