Menu

Mode Gelap
Relawan Barisan Mas Gibran (BMG) Usulkan 12 Menteri dan Wamen Milenial Kabinet Prabowo-Gibran Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream Pemkab Bekasi Gelar Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Desa Simpangan Cikarang Utara

SPORT · 8 Des 2022 09:07 WIB ·

Liga 1 Indonesia Dilanjutkan, Menpora: Tanpa Penonton


Liga 1 Indonesia Dilanjutkan, Menpora: Tanpa Penonton Perbesar

KONTEKSBERITA.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengumumkan bahwa pemerintah akan melanjutkan kompetisi Liga 1 Indonesia setelah sempat tertunda akibat tragedi Kanjuruhan di Jawa Timur yang menelan korban jiwa.

“Dalam Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (06/12/2022) sore, pemerintah, yang diwakili oleh Pak Menko Polhukam dan saya, telah mengumumkan bahwa kompetisi sepak bola yang sempat ditunda akan dilanjutkan,” ujarnya dalam keterangan pers.

Menpora menjelaskan bahwa kompetisi tersebut akan digelar di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dengan menerapkan sistem gelembung atau bubble tanpa kehadiran penonton.

“Kompetisi akan tetap berlangsung dalam kondisi gelembung dengan tanpa penonton, dan tempat penyelenggaraannya masih di Jawa Tengah dan sekitarnya,” jelasnya.

Menpora juga menyatakan bahwa keputusan untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 ini diambil karena kebutuhan para pemain tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia untuk tetap dalam kondisi siap dan terus mengasah kemampuan mereka menjelang Piala Dunia U-20.

“Kami melihat bahwa tim nasional kita membutuhkan adanya kompetisi untuk menjaga kesiapan mereka, terutama mengingat partisipasi kita dalam Piala Dunia U20 sebagai tuan rumah, serta kegiatan lain yang memerlukan kesiapan tim nasional,” ucapnya.

Menurutnya, meskipun timnas yang dilatih oleh Shin Tae Yong sudah melakukan beberapa try out di luar negeri, penting bagi mereka untuk tetap terlibat dalam kompetisi agar performa mereka tetap terjaga.

“Meskipun timnas sudah melakukan sejumlah try out di luar negeri, tetapi tanpa adanya kompetisi, performa mereka bisa turun,” tambahnya.

Zainudin berharap bahwa langkah ini akan membawa perbaikan dalam tata kelola dan ekosistem sepak bola nasional, serta akan meningkatkan pembinaan-pembinaan di masa depan.

“Kami berharap bahwa transformasi ini akan membawa perbaikan dalam tata kelola dan ekosistem sepak bola nasional, sehingga pembinaan-pembinaan di masa depan akan semakin baik,” pungkasnya.

 

Editor: Uje

 

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Timnas Garuda Indonesia Lolos ke Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

12 Juni 2024 - 17:05 WIB

Timnas Garuda Indonesia

Usai Kalah Lawan Irak, Timnas Garuda Indonesia Bakal Evaluasi

8 Juni 2024 - 23:47 WIB

Timnas Garuda Indonesia

Menpora Optimis Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade Paris

9 Mei 2024 - 12:30 WIB

Menpora

Kalah Oleh Uzbekistan, Garuda Muda Masih Punya Peluang Lolos ke Olimpiade 2024

30 April 2024 - 22:42 WIB

Kalah Oleh Uzbekistan

Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

26 April 2024 - 20:07 WIB

Semifinal Piala Asia

Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Indonesia Cetak Sejarah

22 April 2024 - 09:41 WIB

Perempat Final Piala Asia
Trending di NEWS