Menu

Mode Gelap

NEWS · 15 Agu 2023 14:12 WIB ·

Tersangka Teroris di Bekasi Diduga Rencanakan Penyerangan ke Mako Brimob


Penyitaan Senjata Milik Teroris di Bekasi. (Dok: Istimewa) Perbesar

Penyitaan Senjata Milik Teroris di Bekasi. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Densus 88 Antiteror mengungkap seorang tersangka teroris di daerah Bekasi, Jawa Barat, pada Senin, 14 Agustus 2023. Pria ini dikenal dengan inisial DE.

Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, mengungkapkan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Selasa, 15 Agustus 2023, bahwa DE adalah anggota jaringan teroris ISIS yang aktif mempromosikan jihad melalui media sosial.

Ramadhan menjelaskan bahwa DE sering memposting poster digital dengan pesan dalam bahasa Arab dan Indonesia kepada pemimpin ISIS.

Polisi juga berhasil menyita berbagai jenis senjata api, baik yang buatan pabrik maupun rakitan, di tempat tinggal DE. Terdapat 16 senjata yang terdiri dari 11 laras pendek dan 5 laras panjang, serta magazen dan amunisi.

Tidak hanya senjata, polisi juga menyita komputer yang sedang dianalisis isinya, bersama dengan barang bukti lainnya.

Aswin Siregar, Juru Bicara Densus 88, menjelaskan bahwa DE adalah pendukung setia ISIS. DE, yang dilaporkan bekerja di sebuah BUMN, bergabung dengan jaringan Mujahidin Indonesia Barat pada tahun 2010 di bawah pimpinan WM yang sudah ditangkap sebelumnya.

Siregar mengungkapkan bahwa DE sudah melakukan baiat atau sumpah setia kepada amir ISIS pada 2014. DE aktif melakukan persiapan dan pengumpulan peralatan yang diperlukan untuk aksi terorisme.

DE juga menjadi sosok yang sangat aktif di media sosial, walaupun beberapa akunnya sebelumnya sudah ditutup karena diduga mempropagandakan terorisme.

Dalam beberapa minggu terakhir, semangat DE meningkat, di mana ia mengajarkan ajakan untuk melakukan aksi teror melalui pesan-pesan yang disebarkan secara pribadi dengan pengatur waktu. DE juga memiliki akun di marketplace, menjual mainan militer dan perlengkapan taktikal.

Menurut Siregar, DE terinspirasi oleh aksi terorisme yang pernah terjadi di Mako Brimob. DE telah melakukan latihan dan berencana untuk melakukan serangan kembali ke Mako Brimob Kelapa Dua dan Mako Brimob di Jawa Barat. Bahkan, DE telah melakukan penandaan atau profiling terhadap markas tentara.

Kombes Aswin menekankan agar masyarakat lebih waspada terhadap tindakan terorisme, propaganda, dan penyebaran konten radikal.

Dia menyatakan pentingnya kerja sama antara Densus dan berbagai pihak dalam mencegah dan menangkal radikalisme serta peredaran senjata api kepada kelompok pendukung ISIS dan kelompok teror lainnya.

 

Editor: Uje
Sumber: Tempo

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bosih Awalludin S.Sos., M.Si Buka Acara Peringatan HSN di Ponpes Darussalam

22 Oktober 2024 - 22:03 WIB

Ponpes Darussalam Setu

Di Hari Santri Nasional, Pj Bupati Bekasi Ajak Santri Lawan Kebodohan

22 Oktober 2024 - 14:58 WIB

Hari Santri Nasional

Nama-Nama Menteri Kabinet Merah Putih yang Dilantik

21 Oktober 2024 - 12:14 WIB

Nama-Nama Menteri Kabinet Merah Putih

Sah! Prabowo-Gibran Resmi Menjabat Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

20 Oktober 2024 - 15:41 WIB

Prabowo-Gibran

Penyeludupan 237.305 Benih Bening Lobster Senilai Rp 23,6 Miliar Digagalkan Tim Gabungan Polri

18 Oktober 2024 - 14:01 WIB

Bareskrim Polri

Pj Wali Kota Bandung Melantik Pengurus Forum Puspa Kota Bandung

17 Oktober 2024 - 09:22 WIB

Forum Puspa Kota Bandung
Trending di NEWS