Menu

Mode Gelap
Lebih Dari Satu Tahun Disandera KKB, Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan Warga Jakarta Diimbau Amankan Uang Tunai Hingga Dokumen Penting, Siaga Ancaman Megathrust Dewan Pers: Wartawan Sebagai Kontestan atau Timses di Pilkada 2024 Diminta Mundur 6 Juta Data NPWP Warga RI Diduga Bocor, Sri Mulyani Minta DJP Lakukan Pendalaman Masyarakat Desa Tamansari Apresiasi Pembangunan Jalan Gang Iljin

NEWS · 6 Mei 2023 21:32 WIB ·

Disbudpora Buka Seleksi Pekan Olahraga Tradisional 2023


 Disbudpora Buka Seleksi Pekan Olahraga Tradisional 2023. (Doc: Istimewa) Perbesar

Disbudpora Buka Seleksi Pekan Olahraga Tradisional 2023. (Doc: Istimewa)

Konteksberita.com – Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi membuka seleksi Pekan Olahraga Tradisional tingkat Jawa Barat dengan tujuan untuk mengikuti Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Poltradnas) ke IX tahun 2023.

Seleksi tersebut diselenggarakan di Sekolah SMAN 3 Cikarang Utara pada Jumat, 5 April 2023, dan dihadiri oleh Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga pada Disbudpora Kabupaten Bekasi, serta Ketua Umum Bapopsi Kabupaten Bekasi, Yudi Candra.

Dalam acara tersebut, Yudi Candra menekankan pentingnya melestarikan permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan agar tidak punah ditelan zaman.

“Salah satu cara untuk melestarikannya adalah melalui kegiatan perlombaan olahraga tradisional,” katanya.

Yudi Candra menjelaskan bahwa Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Jawa Barat menuju Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional yang ke IX akan digelar di Kabupaten Kuningan pada tanggal 15 hingga 17 Mei 2023.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi tentang permainan tradisional dan menyalurkan serta menggali bakat potensi yang dimiliki oleh para pelajar Kabupaten Bekasi dalam bidang tersebut,” ungkapnya.

Yudi Candra juga mengungkapkan bahwa kegiatan perlombaan tersebut diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari 23 Kecamatan yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Terdapat lima cabang olahraga tradisional yang dipertandingkan, yaitu Egrang kategori putra, Tarompah panjang kategori putra, Sumpitan kategori putra dan putri, Gasing kategori putra, serta Hadang kategori putri,” jelasnya.

Menurut Chandra, peserta yang berhasil lolos seleksi akan mewakili Kabupaten Bekasi dalam perlombaan permainan tradisional tingkat Jawa Barat.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelajar dapat mempertahankan budaya permainan tradisional dan menumbuhkan rasa cinta terhadap warisan budaya bangsa,” pungkasnya.

 

Penulis/Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lebih Dari Satu Tahun Disandera KKB, Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan

21 September 2024 - 11:29 WIB

Pilot Susi Air

Warga Jakarta Diimbau Amankan Uang Tunai Hingga Dokumen Penting, Siaga Ancaman Megathrust

20 September 2024 - 14:16 WIB

Megathrust Jakarta

Dewan Pers: Wartawan Sebagai Kontestan atau Timses di Pilkada 2024 Diminta Mundur

20 September 2024 - 11:02 WIB

Dewan Pers Pilkada 2024

6 Juta Data NPWP Warga RI Diduga Bocor, Sri Mulyani Minta DJP Lakukan Pendalaman

20 September 2024 - 10:12 WIB

Data NPWP Bocor

Masyarakat Desa Tamansari Apresiasi Pembangunan Jalan Gang Iljin

19 September 2024 - 16:45 WIB

Pembangunan Jalan Gang Iljin

Polri Ungkap Deretan Tersangka Terlibat Kasus Narkoba Rp 2,1 Triliun

19 September 2024 - 09:45 WIB

Tersangka Kasus Narkoba
Trending di NEWS