Menu

Mode Gelap
Rekomendasi Penetapan Cagar Budaya, TACB Kabupaten Bekasi Tengah Fokus Pada Objek Bentuk Bangunan Polres Metro Bekasi Bakal Tindak Tegas Anggota yang Terlibat Langsung Judi Online dan Pinjol Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polsek Setu Giat Bakti Sosial Waduh! Daftar Sekolah di SMPN 5 Cikarang Barat Wajib Beli Map Seharga Rp25ribu Membuka Portal Sejarah Silsilah Mbah Raden Marfu di Makam Mede Mekarwangi

HEALTH · 9 Feb 2024 19:32 WIB ·

Pemberian Vitamin A Gratis 239.267 Balita di Kabupaten Bekasi


Ilustrasi Pemberian Vitamin Kepada Anak. (Dok: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi Pemberian Vitamin Kepada Anak. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Sebanyak 239.267 balita rentang usia 6-59 bulan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjadi target program pemberian vitamin A secara gratis selama Februari 2024.

Supriadinata, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, menyatakan bahwa pemberian vitamin A pada balita bertujuan untuk merangsang pertumbuhan sel darah merah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata.

“Program ini merupakan program rutin pemerintah daerah karena banyak manfaat yang didapatkan balita dengan konsumsi vitamin A,” katanya di Cikarang, Jumat.

Dia mengimbau masyarakat memanfaatkan pemberian nutrisi pada program Bulan Vitamin A tahun ini dengan membawa anak balita ke fasilitas kesehatan terdekat milik pemerintah daerah.

“Dipersilakan bagi para orang tua untuk membawa anaknya yang masih balita ke posyandu maupun puskesmas terdekat, sesuai domisili masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Umar Iskandar, Kepala Puskesmas Pebayuran, mengatakan sebanyak 5.738 balita menjadi sasaran target pemberian vitamin A di lingkup wilayah itu yang mencakup empat desa dan satu kelurahan, antara lain Desa Bantarjaya, Bantarsari, Kertajaya, dan Desa Karanghaur, serta Kelurahan Kertasari.

“Vitamin A warna biru diberikan untuk bayi usia 6-11 bulan dengan dosis 100.000 IU sedangkan Vitamin A berwarna merah untuk bayi usia 12 bulan sampai 5 tahun dengan dosis 200.000 IU,” katanya.

Pemberiannya dilakukan langsung oleh para kader posyandu yang bersinergi dengan tenaga kesehatan di bawah naungan Puskesmas Pebayuran.

“Vitamin ini dibagikan melalui posyandu dan kami dari Puskesmas Pebayuran juga akan menyisir ke setiap rumah supaya semua balita mendapatkan,” katanya.

Dia berpesan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Pebayuran agar tidak melewatkan momentum pemberian vitamin A ini untuk meningkatkan kesehatan para balita.

“Agar target dari Dinkes Kabupaten Bekasi bisa mencapai 100 persen juga. Harapan kami kegiatan ini dapat berjalan lancar dan semua balita yang menjadi sasaran bisa mendapatkan vitamin A,” kata dia.

 

Editor: Uje

*Update Berita Terbaru di Google News.

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sering Kesemutan Pada Kaki, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

31 Mei 2024 - 21:08 WIB

Kesemutan Pada Kaki

Merasa Gelisah Tanpa Sebab, Penyebab dan Cara Mengatasinya

22 Mei 2024 - 22:59 WIB

Merasa Gelisah Tanpa Sebab

Asam Urat, Apa Penyebab dan Gejala Serta Obat Alaminya

14 Mei 2024 - 14:31 WIB

Asam Urat

Menjaga Suhu Tubuh Tetap Normal Saat Cuaca Panas

3 Mei 2024 - 08:12 WIB

Menjaga Suhu Tubuh

Dampak Anak Sering Dibentak, Orang Tua Harus Tahu

30 April 2024 - 17:14 WIB

Dampak Anak Sering Dibentak

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

26 April 2024 - 20:23 WIB

Cara Menghilangkan Karang Gigi
Trending di FEATURED