Menu

Mode Gelap
Rekomendasi Penetapan Cagar Budaya, TACB Kabupaten Bekasi Tengah Fokus Pada Objek Bentuk Bangunan Polres Metro Bekasi Bakal Tindak Tegas Anggota yang Terlibat Langsung Judi Online dan Pinjol Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polsek Setu Giat Bakti Sosial Waduh! Daftar Sekolah di SMPN 5 Cikarang Barat Wajib Beli Map Seharga Rp25ribu Membuka Portal Sejarah Silsilah Mbah Raden Marfu di Makam Mede Mekarwangi

HEALTH · 21 Agu 2023 12:04 WIB ·

4 Jenis Kecelakaan yang Tidak Dicover oleh BPJS Kesehatan, Penting untuk Diketahui


BPJS Kesehatan. (Dok: Istimewa) Perbesar

BPJS Kesehatan. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – BPJS Kesehatan adalah entitas hukum publik yang memberikan jaminan biaya bagi sebagian besar jenis penyakit. Berlaku sejak tahun 2014, Undang-Undang menegaskan bahwa setiap warga negara Indonesia sebenarnya diwajibkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Sama seperti asuransi, menjadi peserta BPJS Kesehatan memerlukan pembayaran iuran setiap bulan. Selama status kepesertaan tetap aktif, peserta berhak atas layanan kesehatan gratis di klinik dan rumah sakit yang bekerja sama.

Namun demikian, terdapat beberapa jenis layanan kesehatan yang tidak dicakup oleh BPJS. Jenis layanan ini berhubungan dengan kecelakaan yang dialami oleh peserta BPJS Kesehatan.

Berikut adalah 4 jenis kecelakaan yang tidak dicakup oleh BPJS Kesehatan:

1. Kecelakaan tunggal akibat kelalaian pribadi

Kecelakaan tunggal dalam lalu lintas merujuk pada kecelakaan yang terjadi pada satu kendaraan bermotor tanpa melibatkan kendaraan atau pengemudi lainnya. Biasanya, jenis kecelakaan ini disebabkan oleh kelalaian pengemudi.

BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian, seperti mengonsumsi minuman beralkohol atau narkoba saat mengemudi.

Selain itu, kecelakaan yang terjadi saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dalam upaya melakukan tindak kejahatan seperti perampokan, kekerasan, atau pelecehan seksual juga tidak dicover oleh BPJS Kesehatan.

Kecelakaan yang disebabkan oleh niat untuk mengakhiri hidup atau pertikaian antar kelompok juga tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan karena dianggap sebagai tindakan sengaja.

2. Kecelakaan ganda yang telah dijamin oleh Jasa Raharja

Kecelakaan ganda dalam lalu lintas terjadi saat dua kendaraan atau lebih terlibat dalam kecelakaan. Kecelakaan semacam ini juga bisa terjadi antara kendaraan dan pejalan kaki atau pengguna jalan lainnya.

BPJS Kesehatan tidak akan menanggung korban kecelakaan ganda yang sudah dicakup oleh Jasa Raharja.

Jasa Raharja merupakan lembaga yang memberikan jaminan untuk kecelakaan lalu lintas dengan memberikan manfaat asuransi sebesar 20 juta rupiah bagi korban kecelakaan ganda.

Jika biaya pengobatan korban kecelakaan masih berada di bawah batas 20 juta rupiah, maka Jasa Raharja akan menanggung seluruh biaya tersebut. Namun jika melebihi jumlah tersebut, selisihnya akan dicakup oleh BPJS Kesehatan, tetapi di bawah batas maksimal yang dijamin oleh Jasa Raharja.

3. Kecelakaan ganda pada penumpang transportasi umum

Jasa Raharja juga menanggung kecelakaan ganda yang menimpa penumpang dalam transportasi umum, sehingga BPJS Kesehatan tidak akan menanggung jenis kecelakaan ini.

4. Kecelakaan kerja

Berdasarkan Panduan Layanan untuk Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan tidak memberikan jaminan layanan kesehatan untuk penyakit atau cedera akibat kecelakaan kerja atau terkait pekerjaan yang sudah dicakup oleh program jaminan kecelakaan kerja atau menjadi tanggung jawab pemberi kerja.

Program jaminan kecelakaan kerja dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan, bukan oleh BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, kecelakaan kerja tidak dicakup oleh BPJS Kesehatan.

Demikianlah 4 jenis kecelakaan yang tidak dicakup oleh BPJS Kesehatan. Perlu diingat bahwa di luar 4 jenis kecelakaan ini, biaya pengobatan dapat dicover oleh program JKN-KIS.

Akan tetapi, diperlukan surat keterangan kecelakaan dari pihak kepolisian sebagai syarat untuk mendapatkan manfaat biaya pengobatan dari BPJS Kesehatan.

 

Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sering Kesemutan Pada Kaki, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

31 Mei 2024 - 21:08 WIB

Kesemutan Pada Kaki

Merasa Gelisah Tanpa Sebab, Penyebab dan Cara Mengatasinya

22 Mei 2024 - 22:59 WIB

Merasa Gelisah Tanpa Sebab

Asam Urat, Apa Penyebab dan Gejala Serta Obat Alaminya

14 Mei 2024 - 14:31 WIB

Asam Urat

Menjaga Suhu Tubuh Tetap Normal Saat Cuaca Panas

3 Mei 2024 - 08:12 WIB

Menjaga Suhu Tubuh

Dampak Anak Sering Dibentak, Orang Tua Harus Tahu

30 April 2024 - 17:14 WIB

Dampak Anak Sering Dibentak

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

26 April 2024 - 20:23 WIB

Cara Menghilangkan Karang Gigi
Trending di FEATURED