Menu

Mode Gelap

FEATURED · 16 Jun 2023 00:55 WIB ·

Awas! Akun Media Sosial dan Mobile Banking Rentan Diretas, Ini Penyebabnya


Ilustrasi Mobile Banking. (Doc: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi Mobile Banking. (Doc: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com Kasus peretasan akun media sosial (medsos) dan mobile banking semakin banyak terjadi akibat penggunaan kata sandi yang lemah.

Penjahat cyber dapat dengan mudah menguasai akun Anda dalam hitungan detik jika Anda menggunakan kata sandi yang lemah.

Menurut penelitian terbaru oleh perusahaan pembayaran Dojo yang dilaporkan oleh The Sun pada Kamis (15/6/2023), kata sandi yang paling mudah diretas adalah yang hanya terdiri dari huruf kecil atau angka, serta memiliki panjang kurang dari delapan karakter.

Contoh-contoh kata sandi yang dapat ditebak dalam waktu kurang dari satu detik adalah ‘purple’, ‘letmein’, atau ‘202202’.

Untuk memastikan Anda tidak menjadi korban peretasan, disarankan agar Anda membuat kata sandi yang terdiri dari minimal delapan hingga 12 karakter, dengan menggunakan kombinasi karakter khusus, angka, dan huruf kapital.

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah menggunakan kata sandi yang sama untuk akun kerja dan akun pribadi, atau menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun, tanpa memperdulikan apakah itu untuk keperluan pekerjaan atau hiburan.

Menurut Dojo, hal ini dapat secara signifikan meningkatkan kemungkinan serangan terhadap akun Anda.

“Sebanyak 51% orang menggunakan kata sandi yang sama untuk akun kerja dan pribadi, karena mereka cenderung menggunakan pola kata sandi yang mudah diingat,” tulis Dojo seperti yang dikutip oleh The Sun.

Penelitian Dojo menemukan bahwa terdapat 365.174 kata sandi yang hanya terdiri dari huruf kecil, dengan rata-rata panjang kata sandi sebesar delapan karakter.

“Dengan menggunakan pola kata sandi semacam ini, peretas dapat dengan mudah mengakses data Anda karena jumlah kombinasi yang harus mereka coba lebih sedikit. Jika Anda menggunakan kata sandi yang hanya terdiri dari huruf kecil, peretas hanya membutuhkan tiga detik untuk menebaknya,” demikian yang ditulis oleh Dojo.

Menggunakan nama panggilan atau kata-kata yang terkait dengan diri Anda, seperti tanggal ulang tahun, sebagai kata kunci juga dapat membahayakan keamanan akun Anda.

Menurut Dojo, kata sandi pendek yang terdiri dari nama panggilan, nama acara TV, warna, atau merek fesyen adalah beberapa contoh yang paling mudah diretas di dunia, termasuk juga penggunaan nama sekolah atau hewan peliharaan.

 

Penulis/Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ganti Oli Motor, Kapan Harus Dilakukan?

24 Oktober 2024 - 14:34 WIB

Ganti Oli Motor

Ide Bisnis Musim Hujan, Modal Kecil Menguntungkan

22 Oktober 2024 - 08:48 WIB

ide bisnis musim hujan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Mentah

21 Oktober 2024 - 23:37 WIB

Manfaat Bawang Putih

Tips Mengatasi Rasa Lemas dan Malas, Jangan Sepelekan!

19 Oktober 2024 - 12:15 WIB

Mengatasi Rasa Lemas dan Malas

Menjadi Korban Calo Tenaga Kerja, Kemana Harus Melapor?

13 Oktober 2024 - 00:01 WIB

Calo Tenaga Kerja

Obat Sakit Gigi Paling Mujarab, Bahan Ada di Dapur

12 Oktober 2024 - 23:40 WIB

Obat Sakit Gigi
Trending di FEATURED