Menu

Mode Gelap

FEATURED · 16 Jun 2023 14:03 WIB ·

Tantangan Dunia Kerja Masa Depan, Siapkan 10 Keterampilan Ini


Acara Grow with Google 2023 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, pada Kamis (15/6/2023). (Dok: Istimewa) Perbesar

Acara Grow with Google 2023 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, pada Kamis (15/6/2023). (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com Memasuki era digital, dunia kerja dan ekonomi masa depan di Indonesia tak dapat lepas dari sektor teknologi.

Menurut laporan The Economist Impact dari Google Indonesia, keterampilan digital kini dianggap penting oleh sebagian besar karyawan di Indonesia.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa 77 persen karyawan di Indonesia menyatakan bahwa perusahaan cenderung lebih mengutamakan keterampilan nyata daripada kualifikasi tertulis dalam proses perekrutan.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, menjelaskan bahwa ada empat keterampilan digital yang sangat dibutuhkan oleh berbagai industri.

Keterampilan-keterampilan tersebut meliputi keterampilan digital dasar, analisis data, dukungan TI, pemasaran digital, dan e-commerce.

“Dalam survei yang dilakukan dari November 2022 hingga Januari 2023 terhadap 1.375 karyawan di seluruh Asia Pasifik, termasuk 100 karyawan di Indonesia, juga ditemukan bahwa keterampilan digital dasar, analisis dan visualisasi data (56%), dukungan TI (51%), serta pemasaran digital dan e-commerce (48%) adalah keterampilan teknologi tingkat lanjut yang paling penting untuk dimiliki di pasar kerja saat ini,” ungkap Randy dalam acara Grow with Google 2023 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, pada Kamis (15/6/2023).

Selain empat keterampilan digital utama yang wajib dimiliki oleh karyawan, terdapat juga enam keterampilan digital lainnya yang disebut sebagai keterampilan tingkat tinggi. Di masa depan, semua keterampilan digital ini akan menjadi hal yang penting di berbagai sektor.

Berikut adalah 10 keterampilan tersebut:

1. Keterampilan digital dasar

2. Analisis dan visualisasi data

3. IT support

4. Pemasaran digital dan e-commerce

5. Keamanan siber

6. Automasi proses

7. Coding dan pemrograman

8. AI dan machine learning

9. Internet of Things dan komputasi cloud

10. Desain UX

 

Lalu bagaimana dengan lulusan muda atau fresh graduate yang tidak memiliki keterampilan tersebut?

Keterampilan Untuk Fresh Graduate

Menanggapi hal tersebut, Alvien Khairulla, Chief Human Resources Officer Vidio.com, menjelaskan bahwa terdapat keterampilan lain yang dapat dimiliki oleh fresh graduate agar dapat diterima di industri.

Alvien menyatakan bahwa tidak dapat disangkal bahwa memiliki keterampilan yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan tetap menjadi hal yang penting.

Namun, perilaku dan kemampuan kerja dalam tim juga merupakan keterampilan yang tak kalah penting bagi pekerja muda di masa depan.

Terutama bagi lulusan sarjana, industri mengharapkan mereka telah mempelajari keterampilan dan kemampuan lain selama masa pendidikan, seperti kemampuan memecahkan masalah.

“Ketika memasuki lingkungan kerja, mereka tidak akan bekerja sendirian, melainkan dalam tim. Oleh karena itu, perhatian diberikan pada kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan lingkungan baru agar dapat bekerja sama,” ungkap Alvien.

“Inti dari era digital ini adalah kemampuan dalam memecahkan masalah dari berbagai situasi. Bagaimana cara mereka berperilaku saat dihadapkan pada masalah dan bagaimana mereka menyelesaikannya menjadi hal yang penting,” tambahnya.

Alvien juga menekankan pentingnya menguasai cara mengimplementasikan keterampilan ke dalam pekerjaan sehingga dapat menghasilkan hasil kerja yang sesuai. Dalam hal ini, kemampuan berpikir kritis juga perlu diasah.

Demikianlah berbagai keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, termasuk bagi para fresh graduate. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis/Editor: Uje
Sumber: detikCom

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ide Bisnis Musim Hujan, Modal Kecil Menguntungkan

22 Oktober 2024 - 08:48 WIB

ide bisnis musim hujan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Mentah

21 Oktober 2024 - 23:37 WIB

Manfaat Bawang Putih

Tips Mengatasi Rasa Lemas dan Malas, Jangan Sepelekan!

19 Oktober 2024 - 12:15 WIB

Mengatasi Rasa Lemas dan Malas

Menjadi Korban Calo Tenaga Kerja, Kemana Harus Melapor?

13 Oktober 2024 - 00:01 WIB

Calo Tenaga Kerja

Obat Sakit Gigi Paling Mujarab, Bahan Ada di Dapur

12 Oktober 2024 - 23:40 WIB

Obat Sakit Gigi

Ponsel Lemot? Begini Solusinya

10 Oktober 2024 - 01:19 WIB

Ponsel Lemot
Trending di FEATURED