Menu

Mode Gelap
Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream Pemkab Bekasi Gelar Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Desa Simpangan Cikarang Utara Penghargaan Diberikan kepada Abang Mpok Kota Bekasi 2024 Pada Apel Pagi di Plaza Pemkot Bekasi

NEWS · 27 Jan 2024 10:21 WIB ·

Guna Meningkatkan Kinerja RT dan RW, Pemdes Ciledug Adakan Bimtek Tahun Anggaran 2023


Pemerintah Desa  (Pemdes) Ciledug adakan bimbingan Teknis (Bimtek) RT RW tahun anggaran 2023. (Dok: Istimewa) Perbesar

Pemerintah Desa (Pemdes) Ciledug adakan bimbingan Teknis (Bimtek) RT RW tahun anggaran 2023. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Untuk meningkatkan kinerja RT dan RW desa Ciledug, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciledug mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada tahun anggaran 2023.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan di Hidden Valley Hills, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Sabtu, (18/12/2023).

Kepala Desa Ciledug, Iing Solihin A,Md, membuka acara Bimtek RT dan RW yang dihadiri oleh semua anggota RT dan RW desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

Iing berharap bahwa melalui kegiatan Bimtek ini, para RT dan RW dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam menjalankan tugas di wilayahnya.

“Dengan diadakannya Bimtek ini, semoga pengetahuan para RT dan RW bertambah, sehingga mereka dapat lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masyarakat,” ujar Iing.

Acara juga dihadiri oleh Aipda Budi Sauri Ramadhani, Bhabinkamtibmas desa Ciledug, yang mengimbau agar RT dan RW bersinergi lebih baik dengan Bhabinkamtibmas dalam menghadapi kejadian atau hal yang berhubungan dengan Kamtibmas.

Bimtek Desa Ciledug

Bimtek RT RW Desa Ciledug, Kecamatan Setu. (Dok: Istimewa)

Sementara itu, Serma Akhmad Nawawi, Babinsa desa Ciledug, mengingatkan mengenai kampanye ilegal menjelang pemilu dan menekankan pentingnya koordinasi dengan pihak RT RW setempat.

“Kami menghimbau agar melapor kepada Babinsa dan Bimaspol setempat jika terjadi kampanye tanpa izin,” tambah Nawawi.

Nawawi juga menyoroti tindak pidana kejahatan di wilayah danau Ciledug, mengajak untuk lebih menggencarkan pengamanan seperti siskamling di masing-masing wilayah RT RW.

Selain itu, perlu perhatian ekstra terhadap saluran air untuk mengantisipasi banjir di musim hujan.

Pendamping lokal desa, BPK Tabir Rotul Ihrom, memberikan materi tentang peran RT dan RW sebagai wadah partisipasi masyarakat, mitra pemerintah desa, serta pelaku dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa.

“Pemerintah desa mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat, namun tanpa peran serta RT dan RW, tidak akan terealisasi dengan benar dan tepat sasaran,” tegas Ihrom.

Sebagai bagian dari kegiatan, peserta diajak berpartisipasi dalam pertanyaan kuis yang diberikan oleh pendamping, bertujuan untuk meningkatkan semangat peserta dalam mengikuti Bimtek.

Asep Saepudin, Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (TA-ID) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementerian Desa – PDTT, menekankan pentingnya peran RT dan RW dalam menjaga dan merawat infrastruktur di wilayah Ciledug.

Menurutnya, kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah desa dianggap krusial untuk menciptakan wilayah yang tertata dengan baik.

 

Penulis: Gibran
Editor: Uje

*Update Berita Terbaru di Google News.

Artikel ini telah dibaca 128 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga

17 Juli 2024 - 09:25 WIB

Perum Villa Setu Wangi

Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses

16 Juli 2024 - 20:25 WIB

Panwaslucam Setu

Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream

16 Juli 2024 - 14:05 WIB

Chip Royal Dream

Pemkab Bekasi Gelar Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Desa Simpangan Cikarang Utara

15 Juli 2024 - 21:39 WIB

Sosialisasi Lomba Kampung Bersih

Penghargaan Diberikan kepada Abang Mpok Kota Bekasi 2024 Pada Apel Pagi di Plaza Pemkot Bekasi

15 Juli 2024 - 18:16 WIB

Abang Mpok Kota Bekasi 2024

Operasi Patuh Jaya Dimulai Hari Ini Hingga 28 Juli, Ini Sasarannya!

15 Juli 2024 - 11:46 WIB

Operasi Patuh 2024
Trending di NEWS