Menu

Mode Gelap
Berhadiah Rp500 Juta, Sekretaris Dinas LH Kabupaten Bekasi Berikan Tips Lomba Kampung Bersih Relawan Barisan Mas Gibran (BMG) Usulkan 12 Menteri dan Wamen Milenial Kabinet Prabowo-Gibran Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream

NEWS · 23 Agu 2023 16:41 WIB ·

Korban Truk Tabrak Pemotor di Lenteng Agung Tak Dapat Santunan Jasa Raharja, Ini Alasannya


Truk Tabrak Pemotor di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (Dok: Istimewa) Perbesar

Truk Tabrak Pemotor di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – PT Jasa Raharja telah menyatakan bahwa mereka tidak akan memberikan santunan kepada delapan pemotor yang mengalami kecelakaan tertabrak truk di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada hari Selasa, 22 Agustus yang lalu.

Salah satu alasan yang diberikan adalah karena kedelapan pemotor tersebut melanggar aturan lalu lintas dan berkontribusi dalam terjadinya kecelakaan.

Keputusan ini didasarkan pada UU Nomor 34/1964 jo PP Nomor 18/1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

“Dalam merujuk pada UU Nomor 34/1964 jo PP Nomor 18/1965, disebutkan bahwa Jasa Raharja tidak akan memberikan jaminan kepada pengemudi atau pengendara yang terlibat dalam kecelakaan dan menjadi penyebab tabrakan antara dua kendaraan bermotor atau lebih,” ungkap Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, dalam pernyataan resmi pada hari Rabu, (23/8).

Rivan juga menjelaskan kategori korban kecelakaan lalu lintas lainnya yang tidak berhak menerima santunan dari Jasa Raharja, termasuk korban kecelakaan tunggal dan mereka yang melanggar palang pintu kereta api.

Setiap korban kecelakaan yang terbukti sedang melakukan tindakan kriminal seperti pencurian dengan kecepatan tinggi, terbukti sedang dalam pengaruh alkohol, sengaja mengakibatkan kecelakaan untuk bunuh diri atau percobaan bunuh diri, serta korban kecelakaan yang terlibat dalam perlombaan kecepatan seperti balap mobil atau motor, juga tidak akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja.

Jasa Raharja kemudian mengingatkan seluruh pengguna jalan agar senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas dan mengemudi dengan patuh.

“Melalui tindakan ini, diharapkan bahwa keselamatan bersama dapat terjaga dan insiden serupa dapat dicegah di masa mendatang,” tambah Rivan.

Delapan pemotor melanggar aturan lalu lintas

Di sisi lain, Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Firman Shantyabudi menegaskan bahwa kecelakaan yang melibatkan delapan pemotor yang tertabrak truk ini terjadi karena pelanggaran aturan lalu lintas.

Diketahui bahwa para pemotor ini melawan arus lalu lintas.

Firman menyampaikan bahwa ketidakpatuhan pengendara sepeda motor terhadap aturan lalu lintas menjadi salah satu faktor yang berkontribusi pada terjadinya kecelakaan di Lenteng Agung.

“Kejadian ini sungguh disayangkan, dan bagi pengendara yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini, mereka tidak layak menerima santunan. Semoga ini menjadi pelajaran bagi semua pengguna jalan untuk mengikuti aturan lalu lintas dengan tertib,” tutur Firman.

 

Editor: Uje
Sumber: CNN Indonesia

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berhadiah Rp500 Juta, Sekretaris Dinas LH Kabupaten Bekasi Berikan Tips Lomba Kampung Bersih

18 Juli 2024 - 10:54 WIB

Tips Lomba Kampung Bersih

Relawan Barisan Mas Gibran (BMG) Usulkan 12 Menteri dan Wamen Milenial Kabinet Prabowo-Gibran

17 Juli 2024 - 23:07 WIB

Kabinet Prabowo-Gibran

Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga

17 Juli 2024 - 09:25 WIB

Perum Villa Setu Wangi

Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses

16 Juli 2024 - 20:25 WIB

Panwaslucam Setu

Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream

16 Juli 2024 - 14:05 WIB

Chip Royal Dream

Pemkab Bekasi Gelar Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Desa Simpangan Cikarang Utara

15 Juli 2024 - 21:39 WIB

Sosialisasi Lomba Kampung Bersih
Trending di NEWS