Menu

Mode Gelap
Lebih Dari Satu Tahun Disandera KKB, Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan Warga Jakarta Diimbau Amankan Uang Tunai Hingga Dokumen Penting, Siaga Ancaman Megathrust Dewan Pers: Wartawan Sebagai Kontestan atau Timses di Pilkada 2024 Diminta Mundur 6 Juta Data NPWP Warga RI Diduga Bocor, Sri Mulyani Minta DJP Lakukan Pendalaman Masyarakat Desa Tamansari Apresiasi Pembangunan Jalan Gang Iljin

NEWS · 19 Apr 2024 11:43 WIB ·

BMKG Imbau Warga Jabar Waspada Potensi Cuaca Ekstrem 18-24 April 2024


 Ilustrasi: Imbauan BMKG Tentang Cuaca Ekstrem di Jawa Barat. (Dok: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi: Imbauan BMKG Tentang Cuaca Ekstrem di Jawa Barat. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Jawa Barat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi (dampak cuaca ekstrem) mulai dari tanggal 18 hingga 24 April 2024.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk siaga terhadap kemungkinan terjadinya hujan lebat hingga sangat lebat secara lokal, angin puting beliung, dan hujan es yang dapat menyebabkan dampak seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang, terutama di daerah dengan topografi curam, berbukit, atau rawan longsor.

Dalam pernyataannya, BMKG mencatat bahwa terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat/sangat lebat, disertai petir dan angin kencang, dapat terjadi secara lokal dan dalam waktu singkat mulai dari tanggal 18 hingga 24 April 2024 di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Subang.

Serta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu, dan Kota Cirebon.

BMKG juga mengingatkan agar masyarakat tetap waspada, terutama terhadap hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berlangsung dalam beberapa hari berturut-turut, yang dapat meningkatkan risiko tanah longsor.

 

Editor: Uje

*Update Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lebih Dari Satu Tahun Disandera KKB, Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan

21 September 2024 - 11:29 WIB

Pilot Susi Air

Warga Jakarta Diimbau Amankan Uang Tunai Hingga Dokumen Penting, Siaga Ancaman Megathrust

20 September 2024 - 14:16 WIB

Megathrust Jakarta

Dewan Pers: Wartawan Sebagai Kontestan atau Timses di Pilkada 2024 Diminta Mundur

20 September 2024 - 11:02 WIB

Dewan Pers Pilkada 2024

6 Juta Data NPWP Warga RI Diduga Bocor, Sri Mulyani Minta DJP Lakukan Pendalaman

20 September 2024 - 10:12 WIB

Data NPWP Bocor

Masyarakat Desa Tamansari Apresiasi Pembangunan Jalan Gang Iljin

19 September 2024 - 16:45 WIB

Pembangunan Jalan Gang Iljin

Polri Ungkap Deretan Tersangka Terlibat Kasus Narkoba Rp 2,1 Triliun

19 September 2024 - 09:45 WIB

Tersangka Kasus Narkoba
Trending di NEWS