Menu

Mode Gelap
Pemdes Muktijaya Setu Giat Bimtek Ketahanan Pangan Pertanian Hidroponik Soal Perpindahan ASN ke IKN, Begini Kata Presiden Jokowi Kadis Perkimtan kabupaten Bekasi Hadiri Acara Pemantauan Area Pengelolaan BMD Perkuat Sinergitas, PWI Bekasi Raya Sambangi Disdik Kota Bekasi INA Digital Akan Luncurkan 3 Layanan Terbatas pada Bulan Ini

NEWS · 11 Jul 2024 07:31 WIB ·

Kadis LH Kabupaten Bekasi Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani


 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syaffri Donny Sirait. (Dok: Istimewa) Perbesar

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syaffri Donny Sirait. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menggelar acara “Lomba Kampung Bersih Makin Berani” dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Bekasi yang ke-74 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79.

Sebagai permulaan, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syaffri Donny Sirait melakukan sosialisasi lomba di Gedung Agro Industri Dinas Pertanian, Jalan Kyai Ma’mun Nawawi, Kecamatan Cibarusah. Selasa (9/7/2024).

Sosialisasi lomba itu dihadiri Camat Cibarusah Rusdi Azis, Kepala Desa dan Ratusan pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dari tujuh desa di Kecamatan Cibarusah.

Dalam sambutannya, Syaffri Donny Sirait, menceritakan sebuah negara di Afrika yang pernah dilanda perang dan kelaparan pada era 90-an, yaitu Rwanda, yang kini menjadi salah satu negara terbersih di dunia.

“Lingkungannya bersih dan sungai-sungainya pun bersih. Kita bisa mengambil pelajaran dari hal ini untuk diterapkan di Kabupaten Bekasi,” kata Syaffri Donny Sirait.

Kuncinya, kata dia, adalah sinergi melalui gerakan bersama. Seperti yang saat ini di Dinas Lingkungan Hidup ada gerakan rutin Jumat Bersih.

Menurutnya, jika semua warga kampung dapat rutin gotong royong bersih-bersih, ke depan bisa mengubah lingkungan menjadi asri.

“Sampah organik seperti sisa dapur bisa dikubur untuk menambah unsur hara, sementara sampah non-organik dapat dikumpulkan dan dikoordinasikan dengan UPTD Persampahan Wilayah VI agar sampah tersebut dapat dibuang ke TPA Burangkeng,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, yang turun langsung menemui ratusan pengurus RT, mengatakan bahwa lingkungan yang sehat dapat meningkatkan ekonomi masyarakat karena biaya untuk berobat akan berkurang.

“Lomba tahun lalu diadakan di tingkat perumahan, sekarang kita turunkan ke tingkat RT dengan harapan pergerakannya lebih mudah di tingkat RT. Nanti, RT akan dinilai oleh RW-nya untuk menentukan juara di tingkat desa. Desa akan menilai juga untuk maju ke tingkat kecamatan,” terang Dani Ramdan.

Adapun Dani menjelaskan, kriteria penilaian hanya dalam tiga hal yaitu gotong royong, ketersediaan sarana dan prasarana, serta intensitas publikasi melalui media sosial.

Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani diakhiri dengan sesi tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan kuis yang mengundang gelak tawa dari ratusan peserta yang hadir.

 

(Red)

*Update Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemdes Muktijaya Setu Giat Bimtek Ketahanan Pangan Pertanian Hidroponik

7 September 2024 - 15:29 WIB

Ketahanan Pangan Desa Muktijaya Setu

Soal Perpindahan ASN ke IKN, Begini Kata Presiden Jokowi

6 September 2024 - 16:30 WIB

Perpindahan ASN ke IKN

Kadis Perkimtan kabupaten Bekasi Hadiri Acara Pemantauan Area Pengelolaan BMD

6 September 2024 - 14:49 WIB

Kadis Perkimtan

Perkuat Sinergitas, PWI Bekasi Raya Sambangi Disdik Kota Bekasi

5 September 2024 - 15:07 WIB

Disdik Kota Bekasi

INA Digital Akan Luncurkan 3 Layanan Terbatas pada Bulan Ini

4 September 2024 - 16:49 WIB

INA Digital

Jokowi Resmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Ngoerah, Bali

3 September 2024 - 20:36 WIB

Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
Trending di NEWS