Menu

Mode Gelap
Berhadiah Rp500 Juta, Sekretaris Dinas LH Kabupaten Bekasi Berikan Tips Lomba Kampung Bersih Relawan Barisan Mas Gibran (BMG) Usulkan 12 Menteri dan Wamen Milenial Kabinet Prabowo-Gibran Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream

RELIGION · 18 Feb 2024 14:46 WIB ·

Mana yang Lebih Baik, Sedekah Uang Atau Makanan


Ilustrasi Sedekah. (Dok: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi Sedekah. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Dalam ajaran Islam, sedekah adalah amal baik yang sangat dianjurkan baik itu sedekah berupa makanan maupun sedekah uang.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah lebih baik untuk bersedekah dengan memberikan makanan atau uang tunai.

Perspektif Islam memberikan pandangan yang jelas tentang hal ini.

Sedekah Makanan

Sedekah makanan memiliki keutamaan besar dalam Islam karena dapat membantu orang yang membutuhkan, menghapus dosa, serta mendatangkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman bahwa memberi makan kepada orang yang membutuhkan adalah salah satu tanda keimanan yang besar (Surah Al-Balad, ayat 16-20).

Rasulullah SAW juga mendorong umatnya untuk bersedekah, termasuk dalam bentuk makanan, sebagai bentuk kasih sayang dan solidaritas sosial.

Rasulullah Muhammad SAW sering kali memberikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan, dan ini dianggap sebagai tindakan yang sangat mulia.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah (2:261):

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Memberikan makanan juga memiliki manfaat langsung yang bisa dirasakan oleh penerima sedekah.

Ini dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka dan memberi mereka kekuatan untuk melanjutkan kehidupan sehari-hari mereka.

Sedekah Uang

Memberikan sedekah uang tidak hanya membantu orang yang membutuhkan, tetapi juga membersihkan harta dari sifat serakah dan menciptakan kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda di dunia dan di akhirat.

Sedekah uang juga dianggap sebagai bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menguatkan tali silaturahmi antar sesama.

Dalam banyak kasus, memberikan uang bisa lebih fleksibel dibanding memberikan makanan, karena penerima sedekah dapat menggunakan uang tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka yang paling mendesak.

Kesimpulan

Dari perspektif Islam, baik sedekah makanan maupun sedekah uang memiliki nilai yang besar.

Kedua jenis sedekah ini memiliki manfaat dan keutamaan masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk memberikan sedekah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang ada di sekitarnya.

Yang terpenting adalah niat yang tulus dan kerelaan untuk berbagi rezeki dengan sesama, baik itu melalui memberikan makanan atau uang tunai. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah (2:272):

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan (sebagian) harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

 

Editor: Uje

*Update Berita Lainnya di Google News.

Artikel ini telah dibaca 112 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keutamaan Sedekah Subuh, Amalan Pagi yang Penuh Berkah

14 Juli 2024 - 23:57 WIB

Kautamaan Sedekah Subuh

Jika Istri Tidak Sholat, Apakah Suami Ikut Menanggung Dosa?

12 Juli 2024 - 08:00 WIB

Istri Tidak Sholat

Makna dan Tradisi Memperingati Tahun Baru Islam Indonesia

6 Juli 2024 - 15:04 WIB

Tahun Baru Islam

Penyakit Hati Paling Berbahaya Dalam Islam

3 Juli 2024 - 08:47 WIB

Penyakit Hati Dalam Islam

Sedekah yang Pahalanya Paling Besar Menurut Islam?

2 Juli 2024 - 16:08 WIB

Sedekah yang Paling Besar Pahalanya

Kapan Hari Raya Idul Adha 2024? Ini Penjelasan Pakar Falak Kemenag

8 Juni 2024 - 23:29 WIB

Hari Raya Idul Adha 2024
Trending di NEWS