Menu

Mode Gelap
Rekomendasi Penetapan Cagar Budaya, TACB Kabupaten Bekasi Tengah Fokus Pada Objek Bentuk Bangunan Polres Metro Bekasi Bakal Tindak Tegas Anggota yang Terlibat Langsung Judi Online dan Pinjol Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polsek Setu Giat Bakti Sosial Waduh! Daftar Sekolah di SMPN 5 Cikarang Barat Wajib Beli Map Seharga Rp25ribu Membuka Portal Sejarah Silsilah Mbah Raden Marfu di Makam Mede Mekarwangi

RELIGION · 3 Feb 2024 21:02 WIB ·

Apa yang Kita Cari dalam Hidup, Kesenangan Ataukah Ketenangan?


Ilustrasi Mencari Ketenangan dengan Meditasi. (Dok: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi Mencari Ketenangan dengan Meditasi. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Kehidupan manusia seringkali dipenuhi dengan upaya mencari kebahagiaan, kesenangan, dan ketenangan. Namun, pertanyaan yang muncul adalah apakah yang sebenarnya kita cari? Apakah itu kesenangan ataukah ketenangan?

Keduanya memiliki nilai penting dalam kehidupan, tetapi seringkali memiliki konsekuensi dan tujuan yang berbeda.

Ketika kita bisa mendapatkan kesenangan dan ketenangan, itu bisa menjadi suatu keadaan yang Istimewa.

Kesenangan

Kesenangan seringkali diidentifikasi dengan pengalaman instan dan gratifikasi segera. Ini bisa berupa kesenangan fisik dari makanan lezat, hiburan, atau aktivitas yang mendebarkan.

Kesenangan dapat memberikan dorongan cepat dalam suasana hati dan kepuasan jangka pendek.

Namun, kebahagiaan ini seringkali bersifat sementara dan dapat mengarah pada pencarian terus-menerus untuk pengalaman baru yang sama atau lebih besar.

Ketenangan

Ketenangan, di sisi lain, adalah keadaan pikiran yang tenang dan damai. Ini bukan hanya tentang ketiadaan stres atau kegelisahan, tetapi juga tentang merasa terhubung dengan diri sendiri dan dunia di sekitar.

Ketenangan sering terkait dengan kepuasan yang lebih mendalam, kebijaksanaan, dan pemahaman yang lebih besar tentang diri kita dan kehidupan secara keseluruhan.

Ini mungkin membutuhkan waktu dan usaha untuk dicapai, tetapi memiliki dampak jangka panjang yang lebih berkelanjutan.

Pertimbangan dalam Pencarian

Ketika kita mencari kesenangan, kita mungkin cenderung terjebak dalam siklus pencarian tanpa akhir untuk kenikmatan yang baru dan lebih besar.

Meskipun itu bisa memberikan kepuasan segera, ini juga bisa meninggalkan kita merasa kosong atau tidak puas dalam jangka panjang.

Di sisi lain, mengejar ketenangan bisa memerlukan refleksi, kesabaran, dan komitmen untuk melakukan perubahan yang diperlukan dalam hidup kita.

Namun, ketika kita mencapainya, ketenangan tersebut dapat memberikan kepuasan yang lebih dalam dan kestabilan emosional yang lebih besar.

Keseimbangan yang Ideal

Idealnya, mencari keseimbangan antara kesenangan dan ketenangan adalah kunci untuk kehidupan yang memuaskan dan bermakna.

Ini berarti menikmati kesenangan dalam batas yang sehat tanpa kehilangan pandangan akan kebutuhan yang lebih besar untuk ketenangan dan kedamaian dalam hidup kita.

Dengan menciptakan ruang untuk kedua aspek ini dalam hidup kita, kita dapat mengalami kebahagiaan yang berkelanjutan dan memuaskan.

Dalam menghadapi pilihan antara kesenangan dan ketenangan, penting untuk mempertimbangkan nilai jangka pendek dan jangka panjang dari setiap pilihan.

Meskipun kesenangan bisa memberikan kepuasan instan, ketenangan mungkin memberikan kepuasan yang lebih dalam dan berkelanjutan.

Akhirnya, menemukan keseimbangan antara keduanya adalah kunci untuk mencapai kebahagiaan yang sejati dalam kehidupan kita.

 

Editor: Uje

*Update Berita Terbaru di Google News.

Artikel ini telah dibaca 74 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapan Hari Raya Idul Adha 2024? Ini Penjelasan Pakar Falak Kemenag

8 Juni 2024 - 23:29 WIB

Hari Raya Idul Adha 2024

Cara Menenangkan Hati dan Fikiran Menurut Islam

3 Juni 2024 - 10:18 WIB

Menenangkan Hati dan Fikiran

Kloter Pertama Jemaah Haji 2024 Diberangkatkan, Ini Pesan Menag

14 Mei 2024 - 13:53 WIB

Kloter Pertama Jemaah Haji 2024

Pertanda Kucing Mendatangi Kita, Menurut Pandangan Islam

12 Mei 2024 - 10:56 WIB

Pertanda Kucing

Sedekah Subuh: Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

1 Mei 2024 - 05:00 WIB

Sedekah Subuh

Prioritas Sedekah dalam Islam, Kepada Siapa Kita Dahulukan?

13 April 2024 - 00:02 WIB

Prioritas Sedekah dalam Islam
Trending di FEATURED