Menu

Mode Gelap
Berhadiah Rp500 Juta, Sekretaris Dinas LH Kabupaten Bekasi Berikan Tips Lomba Kampung Bersih Relawan Barisan Mas Gibran (BMG) Usulkan 12 Menteri dan Wamen Milenial Kabinet Prabowo-Gibran Proyek Pengurugan Perum Villa Setu Wangi Dikomplain Warga Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih, Panwaslucam Setu Optimistis Sukses Polisi Tangkap Bandar Chip Slot Royal Dream

RELIGION · 18 Jul 2023 12:09 WIB ·

Anjuran Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah


Ilustrasi Berdoa. (Dok: Istimewa) Perbesar

Ilustrasi Berdoa. (Dok: Istimewa)

KONTEKSBERITA.com – Tahun Hijriyah, atau tahun dalam kalender Islam, merupakan momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Tahun baru Hijriyah tidak hanya menjadi perayaan pergantian tahun semata, tetapi juga momen refleksi, introspeksi, dan keinginan untuk memperbaiki diri.

Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk memulai dan mengakhiri setiap tahun Hijriyah dengan doa-doa yang penuh harapan dan ketulusan.

– Doa Akhir Tahun Hijriyah

Ketika mendekati akhir tahun Hijriyah, kita dapat meluangkan waktu untuk merenungkan perjalanan spiritual kita sepanjang tahun yang hampir berlalu.

Kita dapat melakukan introspeksi diri tentang kebaikan yang telah kita lakukan dan kesalahan yang mungkin perlu diperbaiki.

Berikut ini adalah doa akhir tahun Hijriyah yang dapat kita panjatkan:

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihi sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

 

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Dalam doa ini, kita berharap untuk mendapatkan kebaikan yang sama seperti yang diminta oleh hamba-hamba Allah yang saleh dalam menjalani tahun ini.

Kita juga memohon perlindungan dari kejahatan dan meminta pertolongan Allah dalam melaksanakan ketaatan-Nya sepanjang tahun ini.

Selain itu, kita meminta kepada Allah agar memberikan kesudahan yang baik dalam hidup kita dan mengakhiri tahun ini dengan kebaikan dan keberkahan.

– Doa Awal Tahun Hijriyah

Ketika memasuki awal tahun Hijriyah, kita dapat mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas rahmat dan karunia-Nya yang telah kita terima sepanjang tahun sebelumnya.

Berikut ini adalah doa awal tahun Hijriyah yang dapat kita panjatkan:

 

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

 

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

 

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa ini merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk mengawali tahun baru Hijriyah.

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah untuk melimpahkan rahmat dan keberkahan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, serta meminta agar kita juga diberikan rahmat dan keberkahan yang sama.

Selain itu, di awal tahun Hijriyah, kita dapat memanjatkan doa-doa pribadi kita sendiri kepada Allah.

Kita dapat memohon petunjuk, keberkahan, dan kesuksesan dalam setiap langkah yang kita ambil sepanjang tahun yang akan datang.

Memperkuat hubungan kita dengan Allah di awal tahun akan memberikan pijakan spiritual yang kokoh untuk menghadapi setiap tantangan dan kesempatan yang mungkin datang di tahun yang baru.

Dengan melantunkan doa-doa ini, baik di awal maupun di akhir tahun Hijriyah, kita menunjukkan kesadaran kita akan keterbatasan kita sebagai manusia dan ketergantungan kita kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan kita.

Doa-doa ini juga menjadi sarana untuk memperbaiki diri, memohon ampunan, dan mengisi hati kita dengan harapan, semangat, dan kebaikan untuk menghadapi tahun yang akan datang.

Mengawali dan mengakhiri tahun Hijriyah dengan doa-doa ini adalah langkah yang bermakna dalam perjalanan spiritual kita sebagai umat Muslim.

Semoga Allah menerima doa-doa kita, memberkahi setiap langkah kita, dan memberikan kemuliaan serta keberkahan dalam setiap aspek kehidupan kita di tahun yang baru. Amin.

 

Editor: Uje

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keutamaan Sedekah Subuh, Amalan Pagi yang Penuh Berkah

14 Juli 2024 - 23:57 WIB

Kautamaan Sedekah Subuh

Jika Istri Tidak Sholat, Apakah Suami Ikut Menanggung Dosa?

12 Juli 2024 - 08:00 WIB

Istri Tidak Sholat

Makna dan Tradisi Memperingati Tahun Baru Islam Indonesia

6 Juli 2024 - 15:04 WIB

Tahun Baru Islam

Penyakit Hati Paling Berbahaya Dalam Islam

3 Juli 2024 - 08:47 WIB

Penyakit Hati Dalam Islam

Sedekah yang Pahalanya Paling Besar Menurut Islam?

2 Juli 2024 - 16:08 WIB

Sedekah yang Paling Besar Pahalanya

Kapan Hari Raya Idul Adha 2024? Ini Penjelasan Pakar Falak Kemenag

8 Juni 2024 - 23:29 WIB

Hari Raya Idul Adha 2024
Trending di NEWS